Cari Artikel di Sini

Ini Lho Gaji CPNS Kemenkumham 2018 Terbaru yang Bikin Ngiler

gajibaru.com - Mau tahu gaji CPNS Kemenkumham 2018 terbaru? Kemenkumham sendiri termasuk salah satu kementerian dengan tunjangan kinerja tertinggi. Gaji pegawai Kemenkumham yang cukup besar membuat banyak orang berminat menjadi CPNS di lingkungan Kemenkumham.

Selama ini Kemenkumham banyak menerima pegawai baik itu sipir maupun imigrasi dan lowongan pekerjaan Kemenkumham lainnya.

Tiap ada formasi CPNS, Kemenkumham juga biasanya ikut menerima pegawai juga.

Untuk menjadi CPNS di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia sendiri, Anda bisa mendaftar lewat jalur tes CPNS atau masuk lewat sekolah kedinasan gratis di bawah Kemenkumham, yaitu Poltekip dan Poltekim.

Setelah diterima di Poltekip dan Poltekim, setelah lulus nanti, Anda akan diangkat menjadi CPNS Kemenkumham dengan gaji dan tunjangan yang menggiurkan.

Gaji CPNS Kemenkumham ini patut Anda perhitungkan saat Anda mau mendaftar CPNS di tahun 2018, 2019, atau 2020 mendatang.

gaji cpns kemenkumham 2018 terbaru

Gaji CPNS Kemenkumham Terbaru Beserta Info Tunjangan Yang Diterima


Saat Anda ikut seleksi CPNS di lingkungan pemerintahan, setelah lulus, Anda akan diangkat dulu sebagai CPNS, tidak langsung jadi PNS.

Lama Anda menjadi CPNS adalah selama 1 tahun dan maksimal 2 tahun. Selama Anda menjalani masa CPNS 1-2 tahun tadi, Anda tidak akan mendapatkan penghasilan penuh.

Jadi, gaji CPNS Kemenkumham tidak diterima 100% dibandingkan setelah menjadi PNS.

Mengapa demikian?

Gaji Pokok CPNS Kemenkumham dibayarkan sebesar 80% dari Gaji Pokok PNS


Untuk melihat daftar gaji pokok PNS 2018 terbaru silakan baca: Tabel Gaji Pokok PNS 2018.

Misalkan saja CPNS Kemenkumham lulusan S1, maka dia akan diangkat dalam golongan 3a dengan masa kerja 0 tahun (kecuali pernah bekerja sebelumnya dan diakui sebagai penambah masa kerja).

Sesuai dengan tabel gaji pokok PNS terbaru, gaji pokok PNS Golongan 3a masa kerja 0 tahun adalah Rp2.456.700.

Dengan demikian, CPNS Kemenkumham Golongan 3a pun akan menerima gaji pokok 80% dari Rp2.456.700 atau sebesar Rp1.965.360,-.

Gaji CPNS Kemenkumham akan lebih kecil dari Gaji PNS Kemenkumham.

Baik pegawai imigrasi, sipir, keuangan, dan sebagainya, saat masih CPNS gajinya tetap diberikan 80% dari gaji pokok PNS.

Untuk gaji sipir penjara lulusan SMA yang masih CPNS, dia akan mendapatkan gaji pokok 80% dikalikan dengan gaji pokok PNS golongan 2a atau 80% x Rp1.926.00 = Rp1.540.800.

Gaji CPNS Sipir tentu lebih kecil dibandingkan gaji CPNS Kemenkumham lulusan S1.

Selain mendapatkan gaji pokok, CPNS Kemenkumham akan mendapatkan tunjangan keluarga jika sudah berkeluarga (tunjangan istri/suami sebesar 10% dari gaji pokok, tunjangan anak 2% dari gaji pokok), tunjangan beras, dan tunjangan lain yang melekat pada gaji.

Tunjangan Kinerja CPNS Kemenkumham diberikan 80% dari Tunjangan Kinerja Jabatan yang Akan Diduduki


Tunjangan Kinerja yang akan diterima oleh CPNS Kemenkumham juga cuma sebesar 80% dari tunjangan kinerja kelas jabatan yang akan diduduki.

Misalkan CPNS Kemenkumham akan menduduki kelas jabatan 5, maka dia akan menerima remunerasi CPNS Kemenkumham sebesar 80% x Rp3.134.250 atau sebesar Rp2.507.400.
Besaran Remunerasi PNS Kemenkumham, silakan baca: Tabel Tukin Kemenkumham Terbaru.

Dengan demikian total gaji pokok dan tunjangan kinerja CPNS Kemenkumham Golongan 2a dengan kelas jabatan 5 per bulannya kurang lebih: Rp1.540.800 + Rp2.507.400 = Rp4.048.200.

Uang Makan CPNS Kemenkumham Dibayar Penuh


CPNS Kemenkumham juga akan menerima uang makan penuh, yang dibayarkan sesuai dengan jumlah kehadiran.

Misalkan CPNS hadir selam 24 hari dalam 1 bulan, maka ia akan menerima uang makan sebesar 24 x tarif uang makan PNS per hari.
Tarif uang makan PNS terbaru silakan baca: Besaran Uang Makan PNS 2018.

Jadi Berapa Gaji CPNS Kemenkumham Tahun 2018?


Gaji cpns kemenkumham 2018 tinggal jumlahkan saja ketiga komponen penghasilan CPNS di atas, itu adalah jumlah minimal, karena belum termasuk honor dan tunjangan lainnya.

Jika ditambah honor dan tunjangan lainnya, gaji mereka sudah ada di atas angka 5 juta per bulan, padahal masih CPNS.

Setelah menjadi PNS, gaji mereka pun pastinya bakalan lebih besar lagi.

Demikian informasi Besaran Gaji CPNS Kemenkumham 2018 Terbaru dari gajibaru.com. Baca Juga: Kabar THR PNS 2018 Terbaru.