Cari Artikel di Sini

Info Gaji PNS 2019 Pada Pidato Presiden Agustus 2018 Lalu Ternyata Ini

gajibaru.com - Berita gaji PNS terbaru merupakan informasi paling ditunggu baik oleh Guru PNS, pegawai kementerian lembaga serta dinas di pemerintah daerah. Tak cuma itu, pensiunan PNS pun selalu menantikan informasi terkini seputar kenaikan gaji pokok PNS TNI Polri dan pensiunan dengan melihat skema tabel struktur persentase kenaikan gaji PNS, terutama info gaji PNS 2019 di pidato presiden.

Salah satu yang paling ditunggu-tunggu di bulan Agustus adalah pembicaraan presiden mengenai kenaikan gaji.

Informasi berita gaji PNS terbaru ini selalu menjadi topik bahasan utama dari gajibaru.com demi memberikan informasi kepada para pegawai negeri sipil, aparatur sipil negara atau ASN, dan tentunya para pensiunan yang akan menerima kenaikan pensiun pokok juga mengikuti kenaikan gaji pokok PNS 2019.

Bulan Agustus 2018 lalu, Presiden RI pun telah menyampaikan berbagai hal di sidang DPR termasuk salah satunya disinggung mengenai gaji PNS TNI dan Polri 2019.

Mendengar informasi dari Jokowi, PNS pun bisa sedikit tersenyum dengan informasi yang disampaikan, terkait kenaikan gaji PNS 2019, meskipun tahun-tahun sebelumnya juga ada kenaikan gaji berupa kenaikan uang makan PNS 2018/2017 serta kenaikan tunjangan kinerja PNS 2018/2017.

Kabar Terkini: Info Gaji PNS 2019 sesuai Pidato Presiden RI di Sidang Tahunan DPR


Gaji PNS 2019 Pada Pidato Presiden
Pidato Presiden Jokowi soal Besaran Kenaikan Gaji PNS 2019

Sudah mendengar pidato Presiden RI di Bulan Agustus 2018 lalu kan? Kenaikan gaji pns 2019 berapa persen?

Inilah kata Presiden Jokowi pada sidang DPR di pertengahan Agustus waktu itu:

Selain melanjutkan kebijakan penggajian yang telah dilakukan tahun 2018, pada tahun 2019 pemerintah akan menaikkan gaji pokok dan pensiun pokok bagi aparatur negara, serta para pensiunan sebesar rata-rata 5 persen.
Kabar baik yang ditunggu-tunggu pun akhirnya datang, dengan adanya informasi gaji PNS 2019 naik.

Besaran tabel gaji PNS 2019 dinaikkan sebesar 5% mengikuti besaran inflasi 2018 sebagai dasar kenaikan gaji pokok PNS 2019.

Daftar Gaji PNS 2019 sesuai pidato presiden ini tentu menjadi kabar gembira juga bagi para istri PNS TNI Polri dan Pensiunan di rumah, bisa menambah asap dapur mengepul lancar.

Kabar tentang THR PNS Tahun 2019


Coba perhatikan kata-kata dari Presiden Jokowi di atas, perhatian poin ini: "Selain melanjutkan kebijakan penggajian yang telah dilakukan tahun 2018".

Apa maksud perkataan Presiden Jokowi ini?

Kalau kita tafsirkan, artinya kebijakan penggajian yang selama ini berlaku akan tetap diberlakukan di tahun 2019 yaitu tentang adanya gaji 14 atau Tunjangan Hari Raya (THR) PNS.

Dengan demikian kemungkinan besar THR PNS 2019 pun akan tetap diberikan.

Namun, kepastian mengenai THR Tunjangan Kinerja atau Remunerasi belum tentu diberikan melihat ketersediaan anggaran pada APBN 2019.

Besaran Kenaikan Gaji PNS 2019 Rata-rata 5 Persen


Poin penting lain yang harus anda perhatikan adalah mengenai besaran kenaikan Gaji PNS Tahun 2019 yang disebutkan rata-rata sebesar 5%.

Jika anda ingin mengetahui kira-kira berapa gaji anda di tahun 2019 nanti, silakan kalikan gaji pokok anda sekarang dengan 5%, lalu tambahkan dengan tunjangan-tunjangan lainnya.

Cara menghitung gaji PNS silakan baca: Inilah Besaran Gaji PNS per Bulan.

Setelah menunggu kurang lebih 3 tahun gaji pokok PNS tidak naik, akhirnya pemerintah memutuskan untuk menaikkan gaji PNS TNI dan Polri tahun 2019 nanti.

Skema Gaji PNS 2019


Seperti telah diberitakan sebelumnya mengikuti ketentuan UU ASN bahwa struktur penggajian PNS yang baru memang harus diatur oleh pemerintah yaitu bahwa gaji PNS terdiri dari gaji pokok, tunjangan kinerja dan tunjangan kemahalan.

Namun, melihat kondisi yang ada, sepertinya penerapan Gaji PNS sesuai UU ASN menurut gajibaru.com belum dapat dilaksanakan.

Mari tunggu bersama agar realisasinya bisa cepat terwujud. Untuk sementara, besaran gaji PNS 2019 kemungkinan besar masih megikuti aturan yang lama.

Demikian informasi Info Gaji PNS 2019 Pada Pidato Presiden Agustus 2018 Lalu. Baca juga: Besaran Gaji Guru Bersertifikasi Terbaru.