Cari Artikel di Sini

Besaran Gaji Guru PNS Bersertifikasi yang Menggiurkan

gajibaru.com – Pegawai Negeri Sipil merupakan salah satu profesi dengan peminat terbanyak, apalagi berdasarkan daftar gaji PNS 2018, gaji yang diterima cukup menggiurkan juga. Termasuk Gaji Guru PNS bersertifikasi, yang besarannya cukup mensejahterakan pendidik di masa kini.

Kebijakan baru gaji PNS 2018 dan 2019 mungkin memang belum bisa diterapkan, mengingat skema sistem penggajian PNS yang baru berdasarkan UU ASN memang cukup pelik untuk dibahas, terkait ketersediaan dana dan hal lainnya.

Meskipun demikian, melihat daftar gaji pns dan tunjangan yang diterima guru PNS saat ini, itu saja sebenarnya sudah cukup besar dibandingkan pegawai swasta yang kerjanya lebih keras dan menguras tenaga serta pikiran.

Gaji guru PNS tentu saja ditentukan berdasarkan golongan pns dan gajinya makin besar seiring naiknya golongan dan jabatan.

Besaran Gaji Guru PNS Bersertifikasi Per Bulan Lulusan S1, S2, dll


Guru PNS tidak mengenal eselon PNS, mengingat mereka adalah jabatan fungsional. Bagi Guru PNS Lulusan S1, mereka akan diangkat dalam Golongan 3a. Sementara untuk lulusan D2, mereka diangkat dalam golongan 2b.

Gaji PNS Guru (selain Guru PNS Kemenag) seperti telah saya bahas sebelumnya, terdiri atas:

  • Gaji pokok + Tunjangan yang melekat pada gaji (tunjangan istri/suami, tunjangan anak, tunjangan beras, tunjangan tenaga kependidikan guru PNS, dll)
  • Tunjangan Sertifikasi/Tunjangan Fungsional Guru.
  • Tunjangan lain yang diterima berdasarkan peraturan yang sah


Untuk gaji guru PNS yang belum sertifikasi, penghasilan yang diterima adalah komponen gaji di atas kecuali Tunjangan Sertifikasi/Tunjangan Fungsional.

gaji guru pns bersertifikasi

Gaji Pokok PNS Guru


Gaji Pokok PNS Guru diberikan berdasarkan pangkat, golongan, dan masa kerja. Makin tinggi pangkat golongan dan masa kerja makin besar juga gaji pokok yang diterima per bulan.

Besaran gaji pokok Guru 2018 terbaru silakan baca: Tabel Gaji PNS Terbaru 2018.

Sedangkan besaran tunjangan keluarga silakan baca lebih lanjut aturannya di: Tunjangan Anak dan Istri/Suami PNS.

Tunjangan Tenaga Kependidikan


Besarannya telah diatur sesuai dengan aturan yang berlaku berdasarkan pangkat dan golongan. Tabel tunjangan tenaga kependidkan selengkapnya silakan baca: Tabel Tunj Tenaga Kependidikan Guru.

Tunjangan Sertifikasi Guru


Besarannya sesuai dengan gaji pokok PNS yang diterimanya dipotong pajak 5% untuk golongan III dan potong pajak 15% untuk golongan IV.

Jadi jangan heran kalau tunjangan sertifikasi Golongan III yang diterima lebih besar dibandingkan golongan IV

Gambaran gaji PNS Guru Bersertifikat per bulan


Berikut ini gambaran Gaji Guru PNS Bersertifikasi Golongan 3a (anggaplah masa kerja 0 tahun, di sini gajibaru.com tidak memasukkan tunjangan keluarga, tunjangan beras, dll):

  • Gaji pokok Guru PNS Golongan 3a masa kerja 0 tahun: 2.456.700
  • Tunjangan Tenaga Kependidikan: 327.000
  • Tunjangan Sertifikasi = Gaji Pokok yang diterima dipotong pajak 5% = 95% x 2.456.700 = 2.333.865
  • Tunjangan lain yang diterima: Untuk Guru PNS Jawa Tengah, dia mendapatkan tambahan tunjangan sebesar 2 juta per bulan.
  • Total Penghasilan Guru PNS bersertifikasi per bulan Golongan 3a masa kerja 0 tahun: Rp7.117.565


Besaran Gaji PNS Guru Sertifikasi di atas belum termasuk tunjangan keluarga dll serta belum termasuk penghasilan lainnya.

Baca Juga: Bisnis Sampingan PNS yang menjanjikan.

Gaji guru PNS setelah sertifikasi cukup menggiurkan bukan?

Untuk gaji guru non PNS Sertifikasi, besarannya dan pajaknya telah diatur tersendiri.
Dengan demikian, Anda kini sudah dapat mengira-ngira berapa Gaji Guru SMP Negeri yang berstatus PNS bersertifikat, atau gaji Guru SD, SMA, dll.

Silakan bandingkan juga dengan Gaji PNS Kemenkumham plus tunjangan yang diterimanya.

Nah, demikian saja informasi singkat tabel besaran Gaji Guru PNS Bersertifikasi Per Bulan yang diterimanya. Baca Juga: Gaji Satpol PP Dinaikkan Presiden Jokowi.