Cari Artikel di Sini

5 Ide Usaha Sampingan Guru Baik Honorer maupun PNS Biar Sukses

gajibaru.com - Terjadi ketimpangan antara Gaji Guru Honorer dengan Gaji Guru PNS. Guru PNS saja masih mencari pekerjaan sampingan, tentunya Guru Honorer pun harus lebih kreatif mencari ide usaha sampingan di rumah agar bisa menambah penghasilan.

Di internet sebenarnya sudah bertebaran ide usaha sampingan guru swasta yang bisa Anda coba, namun tidak ada salahnya gajibaru.com kembali menyajikan beberapa ide usaha sampingan guru honorer dan PNS yang menurut gajibaru.com dapat Anda aplikasikan di rumah.

Mencari peluang usaha sampingan memang gampang-gampang susah. Gampang karena sebenarnya banyak sekali ide bisnis rumahan untuk guru dan bisnis sampingan pegawai kantor, tinggal mau gaknya.

Sedangkan susahnya, karena terkadang Anda sendiri kurang menggali kreativitas Anda, kurang berani mengambil langkah awal, dan bisa jadi kurang modal.

Padahal tidak semua usaha sampingan Guru butuh modal besar. Banyak juga kok usaha sampingan tanpa modal besar untuk Guru PNS dan Swasta.

Yang penting Anda mau memulai dan mau mencoba, dari situ Anda akan belajar banyak hal tentang bisnis sampingan yang paling cocok sesuai dengan passion Anda di rumah.

Ide Peluang Bisnis Usaha Sampingan Guru Honorer dan PNS di Kota dan di Desa


Pekerjaan sampingan guru di rumah bukan hanya untuk guru di kota, banyak juga peluang usaha sampingan guru honorer di desa.

Malahan, bisa jadi, usaha sampingan ini justru menjadi ladang utama sumber penghasilan Anda, dengan penghasilan puluhan hingga ratusan kali lipat dibandingkan gaji Anda sebagai guru honorer.

Gaji guru honorer di desa-desa memang terkadang tragis, ada yang cuma 100 ribu per bulan, 200 ribu per bulan, 300 ribu per bulan.

Banyak guru honorer madrasah yang penghasilannya jauh dari kata layak, apalagi madrasah swasta di kampung-kampung.

Nah, jika penghasilannya cuma 300 ribu per bulan, mau gak mau Anda harus mencari otak untuk mengepulkan asap dapur.

Sebagai guru baik honorer maupun PNS, Anda pun bisa belajar banyak dari kisah usaha ibu rumah tangga sukses yang telah berhasil menjalankan bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan.

Anda bisa meniru mengaplikasikan contoh usaha rumahan untuk ibu rumah tangga baik dengan modal besar maupun tanpa modal besar.

Sebenarnya, tidak ada usaha sampingan ibu rumah tangga tanpa modal, semua pasti butuh modal, minimal modal tenaga dan pikiran. So, gunakan pikiran Anda untuk hal kreatif.

Nah, kiranya cukup pembukaannya, tanpa panjang lebar lagi, berikut ini ide peluang usaha sampingan guru swasta dan PNS yang bisa diaplikasikan di rumah.

usaha sampingan guru pns dan honorer

1. Usaha sampingan untuk GTT dan PNS: Menjadi Penulis


Jika Anda hobi menulis, Anda bisa salurkan hobi Anda dengan menulis dan menulis pun bisa menghasilkan uang.

Anda bisa membuat blog, menulis buku, novel, dan sebagainya.

Jika Anda ingin berkontribusi mengirim tulisan ke gajibaru.com, gajibaru.com membuka peluang usaha sampingan buat Anda.

Silakan kirimkan tulisan Anda ke admin gajibaru.com, setiap artikel yang Anda kirim nanti akan mendapatkan bayaran.

Kriteria usaha sampingan menjadi penulis di gajibaru.com:

  • untuk 500 kata yang Anda tulis dan disetujui untuk diterbitkan, Anda akan mendapatkan bayaran sebesar 10 ribu rupiah. Tulisan 1000 kata bayarannya 20 ribu rupiah.
  • tema bisa seputar bisnis, keuangan, BPJS, perbankan, wisata, PNS, atau tips dan trik bermanfaat lainnya.
  • Tulisan bukan hasil copy paste tulisan lain.

Jika Anda berminat dengan usaha sampingan ini silakan hubungi fanspage facebook gajibaru.com nanti akan dikasih tahu detail lebih lanjut.

2. Usaha sampingan guru honorer di desa: menjadi pengepul barang-barang pertanian


Jika Anda adalah guru honorer di desa, peluang menjadi pengepul barang-barang pertanian besar banget.

Anda bisa membeli padi, jagung, pepaya california, singkong, kacang, kedelai, dan barang pertanian lainnya dari petani dengan harga yang murah, lalu Anda jual kembali.

Tentunya usaha ini butuh modal yang besar.

Jika tidak bisa menjadi pengepul, Anda bisa terjun menjadi petaninya. Banyak guru honorer di desa yang malah sukses dari pertaniannya dengan menanam pepaya california, jambu kristal, buah naga, dan komoditas lainnya.

Menanam buah naga di pekarangan bisa menjadi usaha sampingan Anda.

3. Bisnis sampingan guru olahraga: buka kelas bola atau voli dll


Jika Anda seorang guru olah raga, Anda bisa menjadi pelatih bola, atau pelatih voli dan basket. Di sekolah-sekolah swasta favorit, banyak juga kok yang mencari pelatih olah raga.

Kalau di kota-kota besar yang banyak sekolah swasta bagus, peluang usaha ini cukup besar karena mereka lebih peduli dengan kualitas dalam berbagai aspek.

4. Buka jasa cetak foto, print, dan pengetikan komputer


Usaha sampingan guru swasta dan PNS selanjutnya adalah dengan membuka jasa cetak foto, print, dan pengetikan komputer.

Dengan modal komputer dan printer, Anda sudah bisa membuka usaha sampingan di rumah.

Bisa juga dikombinasikan dengan usaha warnet, fotokopi, menjual ATK, dan jasa desain grafis jika Anda punya skill lebih dalam dunia desain grafis.

Jika Anda ahli fotografi, bisa juga sekalian buka studio foto di rumah.

5. Bisnis Jualan Pulsa, Token Listrik, Bayar BPJS, dan Tagihan Lainnya


Usaha sampingan PNS Wanita dan Pria ini bisa dilakukan dari mana saja, dengan modal HP, serta mungkin internet banking dan sms banking.

Untuk warga di kampung-kampung biasanya belum terlalu banyak yang memiliki usaha pembayaran tagihan PLN, bayar iuran BPJS Kesehatan, tiket pesawat, kereta api, tagihan kredit kendaraan, atau bisa juga buka BRI Link, layanan transfer dan pengambilan uang tunai.

Kesimpulan


Ada banyak sekali ide usaha sampingan bagi guru baik guru honorer maupun PNS. Tinggal pilih saja sesuai dengan hobi dan minat, biar bisnis dibikin enjoy.

Mau pilih Usaha Sampingan Guru Honorer dan PNS yang mana? Baca Juga: Cara Jualan Baju Online.