Cari Artikel di Sini

Gaji Guru PNS Per Bulan Berapa Sih? Kalau Honorer Berapa? Penasaran?

Gajibaru.com - Gaji Guru PNS Per Bulan Berapa Sih? Kalau Honorer Berapa? Penasaran?Banyak yang pengin jadi guru PNS kan? Jabatan Guru PNS memang merupakan salah satu jabatan PNS yang paling banyak dibutuhkan, baik Guru PNS Kementerian Agama maupun Guru PNS Kemendikbud/Disbud/Kementerian lain.

Jaman kita kecil dulu sering mengimpikan untuk menjadi guru karena melihat kehidupan guru kita yang cukup mapan.

Guru juga merupakan salah satu profesi yang mulia, mencerdaskan anak bangsa, meskipun kalau mau jujur, masih banyak juga oknum guru yang kurang baik dan gak layak ditiru seperti ngasih contekan muridnya saat ujian nasional, jualan LKS (ambil untung), gak adil dalam menilai murid, dan kelakuan negatif lainnya.

Tapi itu hanya oknum. Secara profesi, pekerjaan guru adalah pekerjaan yang begitu mulia dan merupakan salah satu kunci maju atau gaknya suatu bangsa ke depannya.

Gaji Guru PNS yang Makin Menggiurkan, Ini Komponennya


Gaji guru PNS memang sudah terbilang lumayan. Dengan waktu libur yang lebih banyak dibandingkan dengan PNS lainnya, rasanya enak juga yah jadi guru :D

Hal ini juga yang sering membuat iri guru honorer. Dengan beban kerja yang sama atau bahkan justru lebih banyak beban mengajar guru honorer, tapi gajinya lebih tinggi Guru PNS dibandingkan gaji guru honorer.

Apapun itu, tetap bersyukur ya Pak/Bu, mudah-mudahan Yang Maha Kuasa mengganti rejeki Anda dengan yang lebih berkah dan lebih banyak. Aamiin.

gaji guru pns

Nah, kembali lagi soal gaji guru PNS, berikut ini beberapa komponen gaji guru PNS atau penghasilan guru PNS yang bisa dibawa pulang:

1. Gaji Guru PNS Bulanan


Gaji Guru PNS merupakan gaji yang diterima guru PNS setiap awal bulan. Gaji guru PNS ini di antaranya terdiri atas:



Gaji bulanan guru PNS dipengaruhi oleh jabatan, pangkat, dan golongan serta masa kerjanya.

Untuk mengecek gaji pns 2017 berdasarkan golongan silakan cek Gaji Pokok PNS.

2. Tunjangan sertifikasi, penambah Gaji Guru PNS per bulan


Tunjangan sertifikasi guru PNS yang merupakan salah satu komponen gaji guru PNS besarnya mantap juga.

Gaji Guru PNS bersertifikasi akan menerima tunjangan sertifikasi atau tunjangan profesi sebesar 1 kali gaji pokok. Jadi makin tinggi pangkat dan golongan serta masa kerja maka makin besar juga tunjangan sertifikasinya.

Selain guru PNS, Guru Bukan PNS atau guru honorer juga menerima tunjangan sertifikasi yang besarannya 1,5 juta per bulan.

3. Tunjangan Kinerja atau Remunerasi Guru PNS Kemenag


Khusus untuk guru PNS Kemenag, selain menerima gaji pokok PNS dan tunjangan sertifikasi/profesi, mereka juga menerima tunjangan kinerja atau remunerasi, dengan ketentuan, jika sudah menerima remunerasi PNS, maka yang bersangkutan hanya diberikan remunerasi sebesar selisih antara tunjangan profesi dengan remunerasi.

Jika ternyata tunjangan profesi lebih tinggi dari remunerasi, maka yang diberikan hanya tunjangan profesi saja.

4. Uang makan PNS (guru Kemenag)


Guru Kementerian Agama juga menerima uang makan PNS yang tahun 2017 dan 2018 besarannya naik. Besaran uang makan PNS disesuaikan dengan Golongan.

Besaran Uang Makan Guru PNS cek di artikel: Uang Makan PNS.

5. Honor-honor Guru PNS


Gaji guru PNS per bulannya makin besar dengan adanya honor-honor yang diterima seperti honor mengawasi ujian, honor membuat soal, mengoreksi ujian, dan lain-lain.

6. Komponen gaji guru PNS lainnya


Selain komponen gaji guru PNS di atas, sebenarnya masih banyak cara guru untuk menambah penghasilannya misalkan dengan menjadi guru les privat, keuntungan jual buku kepada murid (jangan ditiru ya hehehe), dan masih banyak lagi.

Buat guru PNS yang mau mencari tambahan penghasilan, silakan baca: Bisnis Sampingan PNS.

Nah, kurang lebih itulah gaji guru PNS lulusan S1, S2, S3, D2, dan sebagainya baik golongan 3a, 3b, 3c, dsb.

0 Response to "Gaji Guru PNS Per Bulan Berapa Sih? Kalau Honorer Berapa? Penasaran?"

Post a Comment

Mohon masukan dan sarannya. Apabila ada yang tidak benar atau tidak sesuai dengan yang sebenarnya, mohon untuk diluruskan. Terima kasih atas kunjungannya. Like facebook saya untuk mendapatkan info-info terbaru. Terima Kasih