20 Usaha Sampingan PNS Untuk Menambah Penghasilan, Yakin Gak Mau Coba?

GAJIBARU.COM - Usaha Sampingan PNS Untuk Menambah Penghasilan. Penghasilan Anda sebagai PNS sudah digadaikan sama Bank? Cukupkah penghasilan Anda untuk kebutuhan sehari-hari setelah penghasilan Anda dipotong untuk membayar utang?

Kalau penghasilan PNS Anda tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda, lalu apa solusinya? Apakah mengurangi pengeluaran Anda?

Saya pernah membaca sebuah pertanyaan di salah satu soal psikotest. Soal tersebut kurang lebih berbunyi begini:
Di saat kebutuhan Anda semakin banyak, apa yang akan Anda lakukan?
Pilihan jawabannya di antaranya:
  • mengatur pengeluaran, dengan menentukan prioritas dan non prioritas.
  • mencari cara untuk menambah penghasilan.
  • berhutang.
  • dan seterusnya.

Di antara berbagai pilihan yang ada, jawaban apa yang Anda pilih?

Waktu itu, saya lebih memilih jawaban: memanage pengeluaran saya, agar sesuai dengan penghasilan saya.

Setelah saya baca uraian kunci jawabannya, ternyata di situ dituliskan, bahwa jawaban yang paling bagus adalah mencari sumber penghasilan lain sehingga bisa memenuhi kebutuhan kita.

Nah, dari soal psikotest inilah, saya tersadar, bahwa sebagai seorang PNS, kita harus kreatif dan mau membuka pikiran, bahwa ternyata di luar sana masih banyak sekali usaha sampingan PNS atau ide bisnis sampingan PNS, baik pria maupun wanita, yang dapat kita coba.

usaha sampingan pns

Jangan hanya mengandalkan penghasilan sebagai seorang PNS, karena kalau kita terpaku dengan gaji sebagai PNS, tanpa adanya usaha sampingan lain atau bisnis sampingan yang lain, kita akan terkurung pada penghasilan yang serba terbatas tiap bulannya.

Contoh Ide Usaha Sampingan PNS


Bagaimana Bapak/Ibu sekalian, setelah membaca pembukaan tulisan saya di atas, apakah Anda semua tertarik untuk memulai usaha sampingan PNS?

Ide usaha sampingan PNS sangat banyak bertebaran di internet, dan semuanya bisa kita aplikasikan kalau kita mau berusaha dan tidak malu serta tidak malas untuk melakukannya.

Kesabaran juga penting, bagi seorang pemula, yang ingin memulai usaha sampingan PNS. Semua pemula pasti belajar dulu bagaimana caranya, dan tidak serta merta langsung berhasil.

Proses pembelajaran trial and error pasti akan dijumpai oleh siapa saja yang baru memulai usaha sampingan PNS.

Sekali lagi, semangat pantang menyerah, kesabaran, dan mau berusaha, saya yakin usaha sampingan PNS ini akan bisa menghasilkan tambahan penghasilan PNS yang bisa membantu memenuhi kebutuhan PNS setiap bulannya.

Tanpa panjang lebar, berikut ini beberapa Ide Usaha Sampingan PNS yang bisa Anda coba untuk menambah uang dapur Anda:

#1. Usaha Sampingan Guru PNS: Mengajar Les Privat


Kalau usaha sampingan PNS yang satu ini saya yakin sudah sangat familiar dan hampir semua guru melakukannya, yaitu membuka kelas privat di rumahnya, sehingga bisa menambah penghasilan PNS tersebut.

Mengajar Les Privat juga cocok banget buat usaha sampingan guru honorer, apalagi tahu sendiri kan, guru honorer dengan gaji cuma seberapa. Mengajar les privat merupakan salah satu solusi bagi yang ingin mengerjakan bisnis rumahan untuk guru.

Selain mengajar les privat, seorang guru, baik guru PNS maupun guru honorer juga dapat mengajar di lembaga bimbel untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

#2. Bisnis Sampingan Pegawai Kantor: Jualan Pulsa dll.


Bisnis sampingan PNS yang satu ini juga sebenarnya klasik banget, dan pasti sudah banyak banget diketahui oleh Anda semua. Yah, tidak ada salahnya, selain bekerja di kantor sebagai PNS, Anda juga bisa mengumpulkan receh dari bisnis pulsa.

Banyak juga PNS yang terjun dalam bisnis Paytren, salah satu aplikasi yang membantu kita untuk membayar berbagai keperluan kita (pulsa, listrik, BPJS, dll).

Sebenarnya tidak hanya bisnis pulsa, tapi bisa juga digabungkan dengan jasa pembayaran listrik PLN, menjadi agen penjual tiket (pesawat, kereta api, bus, hotel, umroh, travel, wisata, dan lain-lain).

Menjadi agen biro perjalanan wisata juga merupakan bisnis lumayan lho. Bisa jalan-jalan sekaligus mendapatkan uang.

#3. Usaha Tambahan Untuk PNS: Menyediakan Jasa Rental/Sewa


Ide usaha sampingan PNS yang lainnya yang dapat Anda coba adalah membuat usaha jasa rental atau jasa penyewaan.

Jasa rental atau penyewaan bagi PNS sebenarnya cukup banyak. Beberapa contoh usaha rental yang bisa dicoba oleh PNS di antaranya:
  • membuka jasa rental playstation (PS).
  • membuka rental motor, terutama untuk daerah-daerah yang wisatanya maju seperti Bali, Jogja, Bandung. Di tempat-tempat tersebut banyak wisatawan yang mencari jasa sewa motor.
  • membuka jasa rental mobil.
  • membuka jasa sewa tarub untuk keperluan hajatan.
  • membuka jasa sewa kamera, terutama di tempat yang ramai wisatawan. Jasa sewa kamera juga sedang ngehits lho.
  • membuka jasa rental CD/DVD.
  • dan berbagai jenis ide bisnis rental lainnya.

#4. Usaha Sampingan Jasa Laundry


Dengan modal mesin cuci dan air yang cukup, sebagai PNS, bisa juga kok mencoba usaha sampingan Jasa Laundry, apalagi kalau rumah Anda dekat dengan kos-kosan mahasiswa atau kontrakan karyawan, wah, bakalan laris tuh usaha laundry.

Tidak harus Anda yang mengerjakan sendiri laundry tersebut, Anda bisa mempekerjakan karyawan tentunya.

#5. Bisnis Sampingan dari Rumah: Ngeblog


Nah, bagi PNS yang ingin di rumah saja, menjalankan bisnis sampingan dari rumah, bisa mencoba bisnis sampingan yang satu ini, yaitu ngeblog atau menjadi seorang blogger.

Memangnya ngeblog bisa menghasilkan uang bagi PNS?

Bisa banget. Gimana sih caranya menghasilkan uang dari blog?. Banyak sekali cara blogger mendapatkan penghasilan, di antaranya:
  • menjadi publisher Google Adsense, nanti akan dapat gajian dari Google.
  • menjadi publisher selain Google Adsense: MIGD, RevenueHits, dan ratusan jaringan periklanan lainnya.
  • memasang iklan mandiri di blognya, nanti akan ada advertiser yang memasang iklan di blog Anda dan Anda akan mendapatkan bayaran. Besaran bayaran tergantung negosiasi Anda dengan si advertiser.
  • mengikuti lomba blog dengan hadiah jutaan bahkan puluhan dan bisa jadi ratusan juta rupiah.
  • jasa reviu produk tertentu.
  • membuka kelas online blogger. Misalkan Anda ahli dalam bidang Photoshop, bisa membuka kelas online seputar photoshop, lalu yang mau belajar di blog Anda harus membayar biaya registrasinya. Lumayan bukan?
  • menjual ebook di blog.
  • menjual produk di blog.
  • dan masih banyak lagi cara blogger menghasilkan uang.

#6. Usaha Sampingan Jasa Cuci Motor


Seorang PNS juga bisa membuka usaha sampingan berupa jasa cuci motor. Dengan modal pompa air dan air yang cukup serta sabun cuci motor/mobil, kita bisa membuka jasa cuci motor. Biaya pembukaan jasa cuci motor tidak terlalu besar.

Kalau jasa cuci mobil mungkin butuh modal banyak ya. Peluang jasa cuci motor ini terbuka lebar lho, tiap hari ribuan kendaraan roda dua selalu bertambah, dan ini harus dimanfaatkan PNS yang ingin menambah penghasilannya.

Gimana, mau coba usaha sampingan PNS yang satu ini?

#7. Usaha Sampingan Menjadi Sopir Taxi Online (Uber, GrabCar,dll)


Menjadi sopir taxi online? Yang benar saja? Masa PNS menjadi supir taksi online sih? Hehehe. Kalem dulu ya.

Gini, sopir taksi online ini gampang banget lho. Dengan modal hp android, siapa saja bisa menjadi sopir taksi online asalkan tidak malu dan mau mendaftar.

Nah, daripada Anda berangkat kerja menggunakan mobil, berangkat sendirian, tanpa ada penumpang, tidak ada salahnya buka HP android anda, lalu buka aplikasi taksi onlinenya.

Jika ternyata ada orderan pelanggan taksi online, dengan arah dan tujuan yang sama atau dekat dengan kantor Anda, Anda bisa ambil orderan tersebut.

Jadi Anda bisa datang ke kantor menggunakan mobil, sekaligus bawa penumpang taksi online yang akan membayar Anda.

Gimana, cukup menarik bukan? Daripada Anda jalan sendiri, menghabiskan BBM, mending sekalian angkut penumpang, dapat penghasilan tambahan deh, bisa buat ganti ongkos BBM. Enak kan?

#8. Usaha Sampingan PNS Berjualan Makanan di Koperasi Kantor


Di kantor kan biasanya ada koperasi yang berjualan, nah, sebagai seorang PNS, apalagi hobi dengan kuliner dan dunia masak memasak, bisa mencoba usaha sampingan PNS dengan menitipkan barang-barang di Koperasi Kantor.

Cuma modal menitipkan barang, Anda tidak harus berjualan di kantor, dan Anda pun bisa mendapatkan penghasilan PNS tambahan. Yakin gak mau coba?

#9. Bisnis MLM untuk PNS


Bisnis sampingan bagi PNS berikutnya adalah bisnis MLM seperti oriflame, amoera, dan masih banyak yang lainnya.

Bagi yang pintar merayu orang, pintar mendapatkan pengikut, bisa mencoba bisnis MLM, karena bisnis ini bisa dilakukan dari manapun.

#10. Menjual Foto, Bisnis PNS yang belum Banyak Diketahui


Memangnya foto laku untuk dijual? Foto bisa menghasilkan uang? Yang benar saja?

Iya, benar sekali, kalau Anda hobi fotografi, Anda juga bisa menjual foto-foto karya Anda secara online lho. Beberapa situs yang menyediakan jasa penjualan foto secara online yaitu:
  • Istockphoto.com, Anda akan mendapatkan komisi 15% per foto.
  • ShutterStock.com, Anda akan mendapatkan komisi 20-30%.
  • Fotolia.com
  • StockFresh.com.
  • dan masih banyak situs-situs lainnya.

Silakan dicoba ya usaha sampingan PNS dari jualan foto secara online.

#11. Usaha Fotokopi untuk PNS


Usaha sampingan bagi PNS selanjutnya yang dapat Anda coba adalah membuka usaha fotokopi. Usaha ini cocok banget bagi Anda yang memiliki rumah dekat dengan kampus, sekolah, atau kompleks perkantoran yang membutuhkan jasa fotokopi di luar.

Selain jasa fotokopi, Anda juga bisa sekalian berjualan barang-barang ATK sehingga usaha sampingan Anda pun makin banyak menambah penghasilan Anda :).

#12. Usaha Jasa Desain Grafis


Penguasaan dunia komputer memang memberikan lapangan pekerjaan yang luas saat ini. Nah, bagi Anda PNS yang jago dalam desain grafis, bisa mencoba usaha jasa desain grafis yang makin ke sini makin banyak penggunanya.

Jasa desain grafis ini tidak hanya bisa dipasarkan secara offline, tapi bisa juga dipasarkan secara online lewat situs sribu.com, projects.co.id, upwork.com, dan masih banyak situs lainnya.

#13. Usaha Menjahit di Rumah


Sepulang dari kantor atau dari sekolah, seorang PNS juga bisa lho membuka usaha menjahit di rumah. Penghasilan dari menjahit ini juga lumayan untuk menambah penghasilan sebagai seorang PNS.

Jika bisa membuat desain baju sendiri, lama-lama bisa juga membuka konveksi sendiri di rumah, lalu menjualnya baik secara online maupun secara offline.

#14. Jualan Online


Berjualan online sekarang sangat mudah, asal ada produk yang mau dijual, Anda bisa berjualan online.

Barang yang dijual pun bisa berupa barang Anda sendiri maupun barang orang lain dengan menjadi reseller atau sistem penjualan secara dropshipper.

Adapun media jualan online yang digunakan bisa menggunakan media sosial macam facebook, WA, twitter, instagram, maupun dengan membuat toko online sendiri.

#15. PNS menjadi Makelar Properti


Komisi dari menjadi makelar properti juga cukup menggiurkan lho, jangan dianggap sepele. Jika ada yang membeli properti lewat Anda sebagai makelar, tentunya Anda akan mendapatkan komisi berupa persentase dari harga jual dari nilai tertentu yang disepakati.

#16. Menjadi Seorang PNS Youtuber


Bagi Anda yang suka membuat video bisa mencoba mengupload video ke youtube lalu dari iklan Google Adsense pun Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan.

Untuk PNS guru, ada banyak sekali video yang dapat diupload ke youtube seperti tutorial pembelajaran untuk anak didik Anda.

#17. Membuat Aplikasi Android


Pernah dengar seorang kuli panggul dari Makassar berpenghasilan puluhan juta per bulan dari aplikasi android? Jika belum, silakan googling saja, nanti akan ketemu berita pemuda Makassar yang dulunya kuli panggul, akhirnya menjadi jutawan dari android.

Anda pun bisa menirunya, belajar membuat aplikasi Android, dan menghasilkan uang tambahan dari usaha sampingan PNS ini.

#18. Usaha Kontrakan/Kos-kosan


Usaha kontrakkan atau kos-kosan juga bisa menjadi alternatif usaha sampingan PNS. Asal punya modal yang cukup, bisa membuka usaha kontrakkan, terutama di daerah kampus atau kompleks perkantoran.

#19. Bisnis Pemancingan Ikan


Salah satu usaha sampingan yang sekaran dibuka oleh banyak orang adalah usaha tempat pemancingan ini. Jika dipadukan dengan tempat kuliner, tentunya bakal menambah omset penghasilan Anda.

#20. Menjadi Penerjemah atau Translator


Jika Anda sebagai seorang PNS, ahli berbahasa asing, bisa mencoba profesi bisnis sampingan dengan menjadi translator atau penerjemah.

Pekerjaan menjadi penerjemah ini bebas Anda lakukan kapan pun dan di manapun sehingga sangat fleksibel dan cocok dijadikan usaha sampingan PNS.

Anda juga bisa bergabung dengan situs freelancer.co.id atau sribulancer.com yang bergerak di bidang jasa penerjemahan.

Kesimpulan


Ada banyak sekali peluang usaha sampingan PNS bagi Anda yang mau mendapatkan penghasilan tambahan. Dua puluh ide usaha sampingan PNS di atas tentu belum lengkap dan masih banyak lagi yang bisa Anda cari.

Dari kedua puluh peluang usaha sampingan di atas, usaha sampingan apa yang cocok untuk PNS seperti Anda, itu semua tergantung Anda.

Mudah-mudahan artikel tentang "20 Usaha Sampingan PNS Untuk Menambah Penghasilan" ini dapat menjadi pencerah untuk Anda. Selamat mencoba berbisnis sampingan dari rumah, mudah-mudahan sukses. Salam hangat dari gajibaru.com.
loading...

0 Response to "20 Usaha Sampingan PNS Untuk Menambah Penghasilan, Yakin Gak Mau Coba?"

Post a Comment

Mohon masukan dan sarannya. Apabila ada yang tidak benar atau tidak sesuai dengan yang sebenarnya, mohon untuk diluruskan. Terima kasih atas kunjungannya. Like facebook saya untuk mendapatkan info-info terbaru. Terima Kasih