PP Gaji 14 PNS, TNI, dan Polri Tahun 2016 Telah Terbit, Gaji 14 dan 13 Cair.

Gaji 14 dan Gaji 13 PNS, TNI, dan Polri Tahun 2016 - Seperti sudah diberitakan sebelumnya, dan juga pernah saya tuliskan dalam sebuah postingan, bahwa tidak ada kenaikan gaji pokok PNS, TNI, dan Polri di tahun 2016. Kenaikan gaji Pokok PNS, TNI dan Polri sudah resmi digantikan dengan adanya gaji ke 14.

Setelah menunggu lumayan lama dan banyak juga yang khawatir kalau gaji 13 dan gaji 14 tidak cair, akhirnya terbit juga PP Nomor 19, 20, 21, dan 22 Tahun 2016 yang mengatur mengenai pembayaran Gaji 13 dan Gaji 14/THR PNS, TNI, Polri, Pejabat Negara, Pensiunan, Penerima Tunjangan, Pimpinan dan Pegawai Non PNS pada LNS.

Telah terbit juga Juknis Pembayaran Gaji 13 dan 14 atau THR PNS TNI dan Polri berupa PMK 96, 97, 98, dan 99 Tahun 2016.
Silakan Download Peraturan Pemerintah Tentang Gaji 13 dan Gaji 14. Download Juga Juknis Gaji 13 dan THR PMK 96,97,98,99 Tahun 2016.
Berikut ini penampakan PP 19 Tahun 2016 tentang Gaji Ketiga Belas PNS, TNI, Polri, Pejabat Negara, Pensiunan, dan Penerima Tunjangan.

gaji 13 pns tni dan polri

Berdasarkan beberapa Peraturan Pemerintah di atas, disebutkan bahwa Gaji 14 dan Gaji 13 dibayarkan Juni 2016 dan Tunjangan Kinerja 13 dibayarkan Juli 2016.

Sedangkan gaji 13 untuk pensiunan dan penerima tunjangan dibayarkan bulan Juli 2016.

Gaji 14 tidak menggantikan gaji 13 yang selama ini telah diterima oleh para abdi negara. Gaji 14 hanya menggantikan kenaikan gaji yang selama ini selalu naik tiap tahun. Gaji 14 sendiri diberikan dalam bentuk Tunjangan Hari Raya (THR) yang diberikan kepada setiap PNS, TNI, dan Polri.

Untuk THR Pekerja Perusahaan sudah diatur secara resmi dengan Permenaker Nomor 6 Tahun 2016 bahwa pencairannya paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan.

Penerima Gaji 13

Penerima gaji 13 adalah:

  • PNS
  • TNI
  • Polri
  • Pejabat Negara
  • Penerima Pensiun
  • Penerima Tunjangan
  • Pejabat lain yang hak keuangan atau hak administratifnya disetarakan atau setingkat menteri atau pejabat pimpinan tinggi.
  • wakil menteri
  • staf khusus kementerian
  • anggota DPRD
  • Hakim adhoc
  • Pegawai lainnya yang diangkat oleh PPK.

Penerima Gaji 14/THR

Berdasarkan PP di atas, disebutkan bahwa Gaji 14 atau THR hanya diberikan kepada PNS, TNI, dan Polri yang aktif, tidak termasuk para pensiunan dan para penerima tunjangan yang bersifat pensiun.

Secara lengkap, THR diberikan kepada:

  • PNS.
  • TNI.
  • Polri.
  • Pejabat negara.
  • Pejabat lain yang hak keuangan atau hak administratifnya disetarakan atau setingkat menteri atau pejabat pimpinan tinggi.
  • wakil menteri
  • staf khusus kementerian
  • anggota DPRD
  • Hakim adhoc
  • Pegawai lainnya yang diangkat oleh PPK.

Berapa Besaran Gaji 14/THR?

Gaji 14 ini sudah dianggarkan oleh Pemerintah melalui APBN Tahun 2016. Dalam berita-berita yang sudah tersebar di mana mana dikatakan bahwa besarnya Gaji 14 Tahun 2016 adalah sebesar 1 kali gaji Pokok. Hal ini juga sesuai yang dituangkan dalam UU APBN 2016 bahwa besarnya Gaji 14 memang sebesar 1 kali gaji pokok.

Dasar yang digunakan untuk pemberian Gaji 14/THR adalah Gaji pokok Bulan Juni 2016, tanpa potongan. Hal ini sesuai dengan yang diatur dalam PP 20 2016.

Pertanyaan yang mungkin akan timbul adalah, Bagaimana jika Gaji Pokok bulan Juni 2016 tidak dibayarkan sesuai dengan yang seharusnya? Apakah akan ada pembayaran kekurangan Gaji 14?

Sebagai contoh, jika ada pegawai yang seharusnya mendapatkan Kenaikan Gaji Berkala di Bulan Juni 2016, tetapi SK KGBnya telat diterima oleh pembuat daftar gaji, sehingga Gaji Pokok Juni yang dibayarkan masih menggunakan gaji pokok lama, belum menggunakan gaji pokok setelah kenaikan gaji berkala.

Apakah kepada pegawai tersebut nantinya akan ada pembayaran kekurangan gaji 14?

Ya, jika THR yang diberikan belum sesuai dengan hak seharusnya, akan ada pembayaran kekurangan gaji 14 atau THR.

Besaran Gaji 13

Berbeda dengan Gaji 14, Gaji 13 jumlahnya lebih besar dari Gaji 14. Dasar perhitungannya sama, yaitu sebesar penghasilan di bulan Juni 2016.

Adapun komponen gaji 13 PNS, TNI, dan Polri adalah sebagai berikut:
  1. Gaji Pokok
  2. Tunjangan Istri/Suami
  3. Tunjangan Anak
  4. Tunjangan Umum/Tunjangan Jabatan Fungsional/Tunjangan Jabatan Struktural
  5. Tunjangan Kinerja

Di dalam Gaji 13, tidak ada tunjangan beras bagi PNS atau tunjangan lauk pauk bagi TNI dan Polri. Selain itu Gaji 13 juga tidak dipotong IWP 10%.

Untuk Pejabat Negara, komponen dari gaji 13 adalah:
  1. Gaji Pokok
  2. Tunjangan Istri/Suami
  3. Tunjangan Anak
  4. Tunjangan Jabatan

Gaji 13 untuk penerima pensiun terdiri atas pensiun pokok, tunjangan istri/suami, tunjangan anak, dan/atau tunjangan tambahan penghasilan. Sedangkan gaji 13 untuk penerima tunjangan hanya berupa tunjangan.

Kapan Gaji 13 dan Gaji 14 Cair?

Gaji 14 dan gaji 13 cair tergantung pembuat daftar gaji di masing-masing instansi, makin cepat mengajukan makin cepat cair.

Itulah tadi komponen-komponen yang dibayarkan dalam Gaji  13 dan Gaji 14 PNS, TNI, dan Polri tahun 2016. Jangan lupa bersyukur dan berbagi ya setelah menerima Gaji 13 dan THR, mudah-mudahn barokah. Aamiin.

42 Responses to "PP Gaji 14 PNS, TNI, dan Polri Tahun 2016 Telah Terbit, Gaji 14 dan 13 Cair."

  1. seharus dan sebaik-baiknya yang mendekati rasa keadilan itu,kalau setiap kali ada isu-isu kenaikan gaji,atau kenaikan apapunlah itu namanya,dasar pertimbangan pengabdian(masa kerja),itu lebih utama, karena mereka-mereka sebagai abdi negara sudah sekian puluhan tahun lamanya merasa lega,karena pengabdiannya di hargai, terlebih lagi para kaum guru-gurum kita,baik yang pns maupun juga mereka-mereka yang sudah sekian lama mengabdikan dirinya,karena tanpa mereka-mereka itu,coba kita bayangkan?..Kita bisa jadi Presiden,jadi pejabat,dan apapunlah itu nama sebutannya,nah itu semuanya karena guru kan?...merekalah yang menyiapkan kita menjadi SDM-SDM dengan berbagai macam keahlian,sesuai dengan TUPOKSI yang di amanatkan kepada kita,begitu?..semoga bermanfa'at adanya, terima kasih...

    ReplyDelete
  2. Setahu saya gaji ke 13 hanya gaji pokok,trus komponen yg lain dari mana ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gaji 13 termasuk tunjangan keluarga dan tunjangan umum/struktural/fungsional dan juga tunjangan PPh, tapi gak dapat tunjangan beras dan tidak dipotong IWP.

      Untuk Gaji 14 saja yang kemungkinan cuma gaji Pokok, meskipun pas nyusun RKAKL dulu sama dengan gaji 13

      Delete
  3. Berarti tunjangan sertifikasi bagi guru dan dosen juga dibayar ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk gaji 14 tidak ada sergur dan serdos.

      untuk gaji 13, tahun-tahun sebelumnya tidak ada sergur dan serdos juga.

      Untuk tahun 2016 ini, berdoa saja mudah-mudahan saat PPnya keluar ada di situ.

      Demikian Pak

      Delete
  4. PP gaji 13 dan 14 tahun 2016 belum bisa difilekan, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum, masih menuggu ttd pak presiden bu

      Delete
  5. Sudah tanggal 20 Juni 2016 belum cair juga gaji 14. . Kapankah???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai dengan janji, paling lambat Lebaran -7

      Delete
    2. SALINAN PP TENTANG THR DAN TUNJANGAN GAJI BULAN KETIGABELASAN PERBAIKAN TIDAK LAMA ,YA. TERIMA KASIH.

      Delete
    3. APAKAH BENAR YANG MENDAPATKAN GAJI KE 13 DAN KE 14 HANYA GURU PNS YANG MENGAJAR DI SEKOLAH NEGERI???

      Delete
    4. tergantung status guru tersebut

      Delete
  6. Knp pensiun tdk menerima gaji 14? Jika gaji 14 PNS aktif dipakai argumen krn tdk adanya kenaikan gaji berkala thn ini maka seharusnya bagi pensiun berhak menerima kenaikan gaji pensiun thn ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. KASIHAN PENSIUNAN, GAJI TDK NAIK, THR TDK DAPAT, SALAM UNTUK PAK JOKOWI , SALAM 2 PERIODE !

      Delete
    2. mhn info apa PP itu sdh fit ya ? tks

      Delete
    3. para pensiun sdh meletaksn dasar shingga ad2 pegawai baru atau yunior dpt brbuat bagi negara, salah para pensiun sehingga di anaktirikan, bambang berbuatlah dan bramalah

      Delete
  7. Mhn info mas,apa pp itu sdh fit ya, hakim ad hoc skrg dapat,padahal th yl tdk dpt.tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah resmi di tandatangani pak silakan didownload

      Delete
  8. Saya prihatin melihat pembatalan gaji ke 14 untuk pensiunan, sekian lama mereka mengabdi untuk negara, tpi inikah balasan untuk mereka ? Mereka semua pasti ingin sekali mendapatkan gaji ke14 itu walaupun hanya 50% dari gaji pokok, apakah 50% gaji pokok itu memberatkan anggaran negara ? Jika iya pun, saya yakin pasti ada jalan keluar yg lain untuk meringankan anggaran negara selain membatalkan gaji ke 14 untuk pensiunan, kasihan mereka, mereka hanya ingin semua kebutuhan mereka tercukupi di hari lebaran nanti, jgn buat mereka susah.
    Jika semasa mudanya mereka telah bekerja keras untuk negara, sekarang giliran negara yg wajib mensejahterahkan mereka di masa tua mereka ini.
    Salam buat pemimpin indonesia bpk jokowi, semoga PP ini bisa di hapuskan.

    ReplyDelete
  9. Jika PP sdh ditandatangani presiden jgn salahkan Jokowi jika para pensiun tdk menerima gaji 14, mgkn para punggawa/penasehat atau org2 dekat beliau yg memberikan saran yg diskriminatif, dan istighfar aja..

    ReplyDelete
  10. Pak apakah tenaga non PNS atau honore mendapatkan gaji 13 or 14 ? Mhn infonya tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sopir, satpam, pramubhakti, dan petugas kebersihan dapat THR/Gaji 13

      Delete
  11. Sangat sedih.. ketika kabar bahwa pensiunan tidak dpt gaji ke 14
    Padahal sudah dipublikasikan sebelumnya di media..
    Kecewa dengan pemerintahan sekarang.

    ReplyDelete
  12. Waduuuh...........pak Presiden Kasihan para pensiunan nih, nggak ada kenaikan gaji, nggak dapat THR, perlu diberikan kompensasi Pak.

    ReplyDelete
  13. Saya kecewa pak karna THR/gaji 14 untuk Pensiun tidak ada, padahal sebelumnya pernah mempublikasikan ke media akan mendapatkan setengah dari gaji pokok...

    ReplyDelete
  14. Tolong realisasi yang jelas terhadap para pensiun. Ngomongnya A kok sekarang jadi B. Gak konsisten.
    Pahami para pensiun juga

    ReplyDelete
  15. Berarti pensiunan tidak dapat gaji 14 ya? Tapi pernah saya dengar kalau pensiunan juga dapat, tapi setengahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pensiunan tidak dapat THR. Awalnya, saat masih RPP, pensiun diajukan dapat 50% dari pensiun pokok, tapi setelah PP ditandatangani, berubah, pensiun tidak jadi diberikan THR.

      Delete
  16. sangat Hebat Ini Pemerintah sekarang percaya saja kekecewaan itu berdampak Luas atas dibatalkannya THR ( Gaji 14 bagi Pensiunan )pertanyaannya Periode ke ... apakah Pensiunan dan Keluarganya masih mau memilih Pemerintah yang sedang berkuasa?

    ReplyDelete
  17. Pensiunan tetap dapat THR .
    Berita di internet ini hantu blau semua, aku ngomong langsung sama Menkeu

    ReplyDelete
  18. yang pegawai swasta dapat gaji 14 gak ya biar gak terjadi jarak yang jauh kita kan juga anak bangsa

    ReplyDelete
  19. Kacian Pensiunan, uang pensiun tidak naik, THR tidak dapat, asli anak tiri, Salam Jokowi 2 Periode....InsyaAllah !?

    ReplyDelete
  20. Pegawai LPP RRI yang bukan PNS juga dapat tidak?? Soalnya di RRI seluruh indonesia kebanyakan pegawai bukan atau non PNS. Dan hampr semua tidak ada jabatan. Apakah kami juga dapat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Payung hukumnya belum saya dapatkan, jadi kemungkinan tidak dibayar

      Delete
  21. Pemerintah indonesia sunggguh miris. Kan surat keputusan sudah resmi ditanda tangani oleh presiden. Dan di situ sudah jls gaji ke 14 dan 13 , cair dan di situ disebutkan siapa siapa saja yg berhak menerima nya. Tpi skrang ada isu gaji ke 14 para pensiun tidak bisa cair. Kan gila. Indonesia ancur.

    ReplyDelete
  22. SAMPE KE BU PARTI,S.E. HARI INI DITUNGGUINNNN AJ BELUM AD AJ THR DAN GAJI 13 PNS PADA SMPN 2 BRINGIN DINDIK KAB NGAWI PROVINSI JATIM INDONESIA, YA TOLONGIN TIM DINDIK KAB NGAWI ,PEMBERIAN THR DAN GAJI 13 LANCAR SELALU, AP LAGI YANG BELUM LENGKAP, PAYUNG SUDAH ADA, LEBIH CEPAT PASTI LEBIH BERKAH. YAH BUAT LEBARAN DAN BELANJA ANAK SEKOLAH AJ. TERIMA KASIH, MOHON MAAF YANG BUANYAAAKKKK.

    ReplyDelete
  23. Hak waris dari pensiunan muda (pensiun karna meninggal) butuh jga THR atau gaji ke 14,apa tidak di pikir atas pembatalan ?? Ckck bagaimana jika hak waris tersrbut masih anak2 butuh biaya,angin segar dpt gaji ke 14 eeh taunya dibatalkan..aah sudahlaah

    ReplyDelete
  24. begitulah.. mereka lupa pangkat tertinggi adalah pensiun. mereka tidak pernah jadi rakyat yang serba dilema. pensiunan adalah orang orang yg dulu berkarya dgn keras agat generasi muda bisa lebih baik.. pak presiden dan para staff pembantu, ingatlah tidak selamanya kalian muda. ojo dupeh ojo dumeh. ingatlah diatas kalian masih ada kekuasaan yang maha mutlak. semoga doa para pensiunan dan yg masih peduli pada pensiunan dikabulkan. semoga keadilan kembali tegak di bumi indonesia. amin..

    ReplyDelete
  25. kasian pensiun tdk dpat gaji ke 14..apakah dipikirnya kebutuhan hidupnya beda dng PNS aktif..malah DPRD yg dapat..haduh cape deh pak jokowi

    ReplyDelete
  26. mohon penjelasan besaran gaji ketiga belas untuk anggota DPRD kabupaten/kota, apakah besarannya disamakan dengan gaji ketiga belas pejabat negara?
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebesar gaji pokok plus tunjangan keluarga

      Delete

Mohon masukan dan sarannya. Apabila ada yang tidak benar atau tidak sesuai dengan yang sebenarnya, mohon untuk diluruskan. Terima kasih atas kunjungannya. Like facebook saya untuk mendapatkan info-info terbaru. Terima Kasih