Cari Artikel di Sini

Seleksi CPNS 2018 Kembali Digelar, Apa Saja Formasinya?

GajiBaru.Com - Pemerintah merencanakan akan kembali menggelar seleksi CPNS tahun 2018 nanti. Seleksi CPNS 2018 dilakukan untuk menggantikan para PNS yang pensiun di tahun 2018 yang jumlahnya lebih dari 200 ribu pegawai. Jadi gak cuma tahun 2017 saja ada seleksi CPNS, tahun 2018 pun direncanakan akan ada penerimaan CPNS kembali.

CPNS tetap menjadi primadona bagi para pelamar kerja. Pada seleksi CPNS tahun 2017 lalu saja, lebih dari 2,6 juta orang ikut seleksi CPNS demi memperebutkan kursi yang tersedia di masing-masing kementerian/lembaga.

Salah satu alasan mengapa banyak masyarakat Indonesia yang ingin menjadi PNS adalah karena Gaji PNS yang cukup menggiurkan, gengsi di mata masyarakat, serta adanya program pensiun.

CPNS juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi pengangguran yang ada di Indonesia, tentunya harus mempertimbangkan formasi yang dibutuhkan serta melalui rekrutmen yang bersih dan memilih calon pegawai yang benar-benar memiliki kompetensi di bidang yang dibutuhkan.

Tetap ada Seleksi CPNS di Tahun 2018 Meskipun Ada Kebijakan Moratorium


Di Era Pemerintahan Presiden Jokowi, ada kebijakan moratorium penerimaan PNS. Meskipun ada kebijakan moratorium, nyatanya tetap ada penerimaan CPNS di tahun 2017 lalu.

Penerimaan CPNS ini menurut Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemenpan RB, Herman Suryatman, dilakukan dengan menggunakan sistem zero growth.

seleksi cpns 2018

Artinya, penerimaan CPNS tidak akan melebihi jumlah PNS yang pensiun sehingga tidak ada penambahan jumlah PNS secara keseluruhan.

Yang ada adalah peremajaan PNS yang pensiun diganti dengan PNS baru yang lebih muda, bahkan fresh graduate.

Sepanjang moratorium belum dicabut, makan sistem penerimaan CPNS tetap menggunakan sistem zero growth.

Formasi Seleksi CPNS 2018 Apa Saja?


Dikatakan lebih lanjut oleh Herman Suryatman, sistem penerimaan CPNS tahun 2018 harus mendukung program Nawacita dari pemerintahan Presiden Joko Widodo yang telah dicanangkan sejak tahun 2014 lalu.

Oleh karena itu, formasi CPNS terbanyak yang bakalan direkrut di tahun 2018 adalah formasi untuk tenaga kependidikan, tenaga kesehatan, dan tenaga pegawai yang mendukung program Nawacita Presiden Joko Widodo.

Buat Anda yang ingin menjadi Guru PNS, atau Dokter PNS, Bidan PNS, dan Perawat PNS serta tenaga kesehatan PNS lainnya segeralah bersiap-siap belajar demi mempersiapkan seleksi penerimaan CPNS tahun 2018 nanti.

Mengingat banyaknya tenaga kesehatan yang bakalan direkrut tahun 2018 nanti, admin yakin bakalan banyak pelamar CPNS yang mengakses www.kemenkes.go.id CPNS 2018 serta mencari info pengumuman CPNS Kemenkes 2018.

Di antara Anda mungkin ada yang membuka informasi seleksi CPNS di cpns.kemkes.go.id 2018. Untuk informasi seleksi penerimaan CPNS 2018 lebih lanjut, mohon tunggu info resmi dari Kemenpan RB selanjutnya.

Setelah diterima menjadi CPNS nanti, jangan berhenti juga untuk meningkatkan kompetensi dan pelayanan ya.

Saat ini banyak dikeluhkan bahwa kompetensi PNS Indonesia masih rendah serta pelayanan yang ada banyak yang tidak memuaskan.

Banyak pungli di mana-mana, sistem pengurusan yang berbelit-belit, blangko e-KTP, SIM, dan plat motor yang habis,serta pelayanan mengecewakan lainnya.

Mudah-mudahan yang terjaring pada selesi CPNS 2018 nanti adalah CPNS yang benar-benar memiliki kompetensi serta memiliki integritas dan jiwa pelayanan yang baik. Selamat melayani masyarakat Indonesia.