Gaji Pokok PNS dari Masa ke Masa: Kenaikan dan Persentase

Gajibaru.com - Gaji Pokok PNS dari masa ke masa. Gaji pokok PNS merupakan hal yang selalu dinanti-nanti oleh pegawai negeri baik PNS, TNI, maupun Polri.

Gaji pokok PNS sendiri terakhir diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 30 tahun 2015 tentang Perubahan ke tujuh belas atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil.

Besarnya gaji pokok pada tahun 1977 paling kecil sebesar Rp12.000,- untuk Golongan I a dengan masa kerja 0 tahun dan paling besar Rp120.000 untukgolongan IVe dengan masa kerja 32 tahun.

Gaji pokok PNS dari masa ke masa
ilustrasi: www.terasjakarta.com

Perubahan Gaji Pokok PNS dari Masa ke Masa


Berikut ini gajibaru.com sajikan tabel besaran gaji pokok PNS dari masa ke masa mulai tahun 1977 sampai dengan 2014 disertai dengan Peraturan Pemerintah yang mendasarinya. Silakan dicek di bawah ini:

gaji pokok pns


Gaji Pokok PNS Tahun 1980-1992


Untuk tahun 1980, tidak terdapat perubahan besaran gaji pokok PNS, sedangkan untuk tahun 1985 dan 1992 terdapat kenaikan besaran gaji pokok PNS, akan tetapi gajibaru.com belum mendapatkan datanya. Bagi anda yang mempunyai data bisa menyampaikannya kepada gajibaru.com.

Perbandingan Gaji Pokok PNS Tertinggi dan Terendah


Dari tabel Gaji Pokok PNS di atas, gaji pokok PNS tahun 1977 terlihat sangat timpang antara Gol Ia masa kerja 0 tahun dengan Gol IV e masa kerja 32 tahun.

Gaji pokok PNS Golongan IVe masa kerja 32 tahun, nilainya 10 kali lipat dari gaji pokok PNS Golongan Ia masa kerja 0 tahun.

Makin tahun komposisi perbandingan Gaji Pokok PNS ini berubah sehingga kesenjangan antara gaji pokok terendah dan gaji pokok tertinggi menjadi berkisar di antara perbandingan 1 :  3,8 an.

Dengan demikian kesenjangannya tidak terlalu jauh.

Dari tabel Gaji Pokok PNS dari masa ke masa di atas juga dapat dilihat kenaikan gaji pokok tiap tahun dari segi besaran maupun prosentasenya yang nilainya berbeda-beda.

Antar golongan pun juga berbeda. Baru pada tahun 2014 saja kenaikan sama rata sebesar 6% untuk semua golongan. Sebelumnya, prosentase kenaikan tidak merata antar golongan.

Kenaikan gaji pokok PNS dari masa ke masa dengan persentase terbesar ada pada tahun 2001 di masa Presiden Gus Dur, dimana gaji pokok PNS untuk golongan I a masa kerja 0 tahun naik dengan persentase 270,37% dan untuk Golongan IV dengan masa kerja tertinggi naik sebesar 107,61%. Tentu saja ini ada kenaikan yang sangat menggembirakan.

Untuk kenaikan gaji pokok PNS tahun 2018, apakah ada atau tidak, mari kita tunggu bersama. Sudah lama gak merasakan kenaikan Gaji Pokok PNS ya hehehe.

Selain informasi kenaikan Gaji Pokok PNS dari masa ke masa silakan baca juga artikel ini: Gaji PNS Guru per Bulan.

0 Response to "Gaji Pokok PNS dari Masa ke Masa: Kenaikan dan Persentase"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel