Uang Makan PNS Daerah

Sebagaimana telah menjadi rahasia umum, Uang Makan PNS saat ini telah menjadi salah satu komponen penting dalam penghasilan seorang PNS selain Gaji Induk, Tunjangan Kinerja/Remunerasi/TPP, dan juga honor-honor.

Dan belum lama ini juga Menteri Keuangan telah menerbitkan PMK Nomor 72 Tahun 2016 tentang Uang Makan bagi pegawai ASN.

Keluarnya PMK tersebut banyak yang menganggap bahwa semua PNS termasuk PNS Daerah seperti guru-guru PNS akan menerima uang makan mulai tahun 2016 ini.

PMK 72/2016 ini sebenarnya hanya menggantikan PMK 110/2010 mengenai ketentuan pembayaran uang makan bagi PNS Pusat.

Berhubung telah diterbitkannya UU ASN, uang makan pun tidak hanya diberikan kepada PNS, tetapi kepada PPPK juga diberikan uang makan sehingga istilahnya diubah menjadi uang makan bagi pegawai ASN.

Selain itu, uang makan yang dulunya bisa dibayarkan ke rekening bendahara pengeluaran, lalu diberikan secara tunai kepada pegawai, dengan adanya PMK 72/2016 ini tidak bisa lagi. Uang makan mulai tahun 2016 ini semuanya langsung masuk ke rekening pegawai yang bersangkutan, seperti gaji bulanan yang langsung masuk ke rekening pegawai.

Masuknya uang makan ke rekening pegawai ini memang memunculkan sedikit reaksi dari para PNS, khususnya kaum lelaki, karena kebiasaan selama ini uang makan dianggap sebagai "uang lelaki". Dengan ketentuan baru ini, "uang lelaki" menjadi hilang.

Apakah PNS Daerah Tidak Dapat Uang Makan?

Banyak PNS Daerah yang mengeluh dan protes bahwa mereka di anak tirikan. Sama-sama abdi negara, sama-sama PNS, tapi gaji mereka lebih kecil dibandingkan dengan PNS Pusat.

Selain tidak menerima tunjangan kinerja, mereka juga protes karena uang makan kok cuma diberikan kepada PNS Pusat. Sedangkan PNS Daerah yang capek-capek kerja juga, tidak diberikan uang makan.

Mereka menganggap pemerintah kurang perhatian dengan nasib PNS daerah. Perlakuan pemerintah tidak adil. Dan berbagai protes lainnya.

Sebenarnya, pernyataan bahwa PNS daerah tidak dapat uang makan, tidak sepenuhnya benar. Faktanya, beberapa pemerintah daerah telah memberikan uang makan kepada PNS di daerahnya.

Sebut saja Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi tersebut telah memberikan uang makan kepada PNS di daerahnya dan besaran uang makannya pun menyesuaikan dengan uang makan PNS pusat.

Selanjutnya ada Provinsi Aceh. Pemerintah Provinsi Aceh juga memberikan uang makan kepada para pegawainya dengan besaran sebagai berikut:

uang makan pns aceh
Dan ada juga Kota Malang di Jawa Timur yang memberikan uang makan kepada PNS di daerahnya serta beberapa daerah lainnya di Indonesia.

Diberikan atau tidak diberikannya uang makan kepada PNS Daerah sampai dengan saat ini merupakan kewenangan dari pemerintah daerah masing-masing, karena gaji PNS daerah dibayarkan oleh daerah yang bersangkutan.

Dan sampai saat ini, Kementerian Dalam Negeri memang belum mengatur secara khusus mengenai uang makan bagi PNS Daerah, mudah-mudahan setelah ini segera ada standardisasi dari Kemendagri untuk mengatur uang makan PNS Daerah.

5 Responses to "Uang Makan PNS Daerah"

  1. mohon untuk peperintah Pusat agar menekan pemerintah daerah supaya harus memberikan uang makan dan tunjangan kenerja kepada PNS di daerah... kenapa TNI POLRI bisa sejahtera kok PNS tidak semuanya merasakan itu? Hanya PNS pusat saja yg menikmati penghasilan yg memuaskan dari ke kebijakan pemerintah pusat itu sendiri? kenapa PNS harus dikalifikasikan???? terjajah terus PNS yv di daerah... Bikin dong aturan yang mewajibkan pembayaran uang makan dan tunjangan kinerja kepada PNS oleh Kepala daerahnya biar ada payung hukum... jgn cuma ngomong kalau itu kewenangan pemerintah Daerah masing2... Kalau gitu saja ya sama juga Kepala daerahnya atur saja sesuka maunya juga ngga perlu PNS mau mati apa ngga juga ngga dipusingkan tu pa.... tolong dong pemerintab berhati nurani dikitlah! kita ini warga negara Indonesia yg terpilih dan bekerja untuk negara yg sama jgn diklasifikasikan begitu?? kl ngga bisa tekan pemerintah daerah dgn aturan kembalikan saja semua PNS ke Daerah ke Pusat biar adil dalam pengupahan tersebutlah!!! Pa Presiden tlng dengar itu.. PNS daerah seperti Tidak Punya Nilainya dimata Pemerintah Pusat aja tu... Hati Nuraninya dimana??? jgn cuma liat TNI/POLRI dan PNS pusat doang... kesejahteraan mereka bukan representase kesejahteraan seluruh PNS daerah di Indonesia ini... catatan : SELURUH PNS BAIK PUSAT MAUPUN PNS DAERAH, ADALAH : "PENYELENGGARA NEGARA...!!!!! "

    ReplyDelete
    Replies
    1. KAMI BERHARAP AGAR PEMERINTAH PUSAT MEMBERIKAN JUGA UANG MAKAN UNTUK PNS DAERAH (PNS LAMPUNG) JANGAN ADA DISKRIMINATIF TOLONG DONG KAMI PNS DAERAH YANG TIDAK MENDAPATKAN REMUNERASI, TUNJANGAN KINERJA DAN SERTIFIKASI GURU AGAR KAMIDIBERIKAN UANG MAKAN JUGA AGAR JURANG PENDAPATAN JANGAN SEMAKIN LEBAR ANTARA PNS DAEAH DENGAN PNS PUSAT DAN GURU SERTIFIKASI...KASIHAN PNS DAERAH DARI DULU DI ANAK TIRIKAN BUKANKAH KITA SAMA-SAMA ABDI NEGARA DALAM KESATUAN NKRI..TRIMS

      Delete
  2. Pd para sahabat pns daerah ada baiknya mendirikan Partai PNS Daerah saja, dg catatan PNS tdk perlu masuk dalam kepengurusan ttp sbg simpatisan mengisi wadah itu dan secara di balik layar berkampanye.PNS pada umumnya punya pengaruh dan kecerdasan di atas rata2 minimal di keluarga, lingkungan tinggalnya dan sanak saudara.Kita rapatkan barisan dan satukan pandangan berjuang bersama mencari tokoh yg berwawasan kebangsaan, cinta NKRI, tidak diskriminatif shg perlakuan adil pada semua PNS di seluruh negeri yg mjd ujung tombak pemerintah dpt terwujud.

    ReplyDelete
  3. Mohon Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah mendapatkan tunjangan tesebut, masa undang-undang ASN sudah diterapkan tunjangan belum, pusat dapat, daerah engga mendapatkannya

    ReplyDelete
  4. Mohon bantuannya pemerintah pusat, kami pns di daerah juga mau dong hidup layak seperti pns di pusat, kenapa kok di beda bedakan, pak presiden sibuk menggaungkan pemberantasan pungli, tapi kami pns di daerah tidak disejahterakan, berikan juga kami, remon dan uang makan, agar kami dapat hidup layak juga.

    ReplyDelete

Mohon masukan dan sarannya. Apabila ada yang tidak benar atau tidak sesuai dengan yang sebenarnya, mohon untuk diluruskan. Terima kasih atas kunjungannya. Like facebook saya untuk mendapatkan info-info terbaru. Terima Kasih