Cari Artikel di Sini

Gaji Lulusan STAN (Kebendaharaan Negara, Pajak, DLL) Berapa Sih?

Gajibaru.Com - Gaji Lulusan STAN (Kebendaharaan Negara, Pajak, DLL) Berapa Sih? PKN STAN yang dulunya bernama STAN merupakan sekolah kedinasan di Indonesia dengan jumlah mahasiswa terbanyak dibandingkan dengan sekolah tinggi kedinasan lainnya.

Tahun 2017 ini saja, PKN STAN menerima mahasiswa baru sekitar 6000an mahasiswa yang akan diangkat menjadi CPNS setelah lulus. Banyak banget bukan?

Menjadi mahasiswa STAN memang enak. Kuliah gratis, biaya hidup relatif lebih murah, kawan-kawan yang unik, berasal dari berbagai macam suku, dan tentunya setelah lulus dari STAN akan diangkat menjadi CPNS di lingkungan Kementerian Keuangan atau Kementerian/Lembaga lain (BPK, BPKP, dll).

Dengan adanya jaminan lulusan STAN diangkat sebagai CPNS maka gak akan ada lagi istilah lulusan STAN nganggur.

Bahkan dulu ada joke mengenai singkatan dari STAN. STAN yang sebenarnya merupakan singkatan dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, dipelesetkan menjadi Sekolah Tinggi Anti Nganggur :D

Gaji Lulusan STAN


Gaji lulusan STAN sebenarnya gak sama antara yang satu dengan yang lain tergantung lulusannya. Gaji lulusan STAN D1 Bea Cukai tentu berbeda dengan gaji lulusan STAN D1 Kebendaharaan Negara, Pajak, atau yang lain.

Gaji lulusan STAN D1 dan D3 juga tentunya berbeda karena golongan dan pangkat serta kelas jabatan untuk tunjangan kinerja juga beda.

Lulusan D1 PKN STAN akan diangkat dalam golongan IIa sedangkan lulsan DIII STAN diangkat dalam golongan IIc.

Selain itu, gaji lulusan STAN juga ditentukan di instansi mana dia ditempatkan, karena antara Kementerian Keuangan dan Kementerian lain gajinya sudah pasti beda.

Bahkan di dalam Kementerian Keuangan pun berbeda juga gajinya, karena beda Direktorat Jenderal beda juga gaji yang bakal di terima.

Selengkapnya mengenai urutan Gaji Lulusan STAN dari terbesar sampai terkecil silakan baca: Gaji Alumni PKN STAN.

Secara ringkas, gaji lulusan STAN terbesar sampai terkecil: Daftar Gaji Pegawai Pajak, gaji lulusan STAN di BPK, gaji lulusan STAN di Bea Cukai, gaji lulusan STAN di Kementerian Keuangan, gaji lulusan STAN di BPKP.

Gambaran Besaran Gaji Lulusan STAN (Pajak, Kebendaharaan Negara, dll)


Sebagai gambaran singkat saja, secara umum, alumni STAN akan menerima gaji dan tunjangan dengan komponen sebagai berikut:

  1. Gaji Pokok, selengkapnya lihat di PP 30 2015.
  2. Tunjangan keluarga (tunjangan istri/suami dan tunjangan anak) bagi yang sudah berkeluarga. Tapi gajibaru.com yakin lulusan STAN jarang yang sudah berkeluarga karena selama kuliah dilarang menikah.
  3. Tunjangan umum/tunjangan jabatan fungsional. Anggaplah pas diangkat belum jadi pejabat fungsional sehingga masih dapat tunjangan umum.
  4. Tunjangan beras (10kg per orang) dan tarif tunjangan beras silakan cek Tunjangan Beras PNS.
  5. Tunjangan Kinerja/Remunerasi PNS. Untuk Tunjangan Kinerja Kementerian Keuangan cek Tukin Kemenkeu.
  6. Uang Makan PNS, tarif uang Makan PNS 2018 silakan cek Besaran UM PNS 2018.
  7. Insentif dan tunjangan-tunjangan lain.


Sebagai gambaran besaran penghasilan Lulusan STAN, gajibaru.com akan memberikan ilustrasi gaji lulusan STAN baik D1 maupun DIII yang belum menikah belum punya anak yang bekerja di Kementerian Keuangan (selain pajak dan bea cukai).

Besaran gaji lulusan STAN kurang lebih dapat dihitung sebagai berikut:

gaji lulusan stan


Gambaran besaran penghasilan lulusan STAN di atas belum memperhitungkan insentif dan tunjangan serta honor-honor yang lain.

Gaji pegawai lulusan STAN yang ada di Pajak, Bea Cukai, dan BPK lebih besar dari gaji di atas.

Kesimpulan


Gaji Lulusan STAN berbeda antara satu dengan yang lain ditentukan oleh:

  1. Jurusan yang diambil apakah D1 atau D3, D4
  2. Instansi tempat dia bekerja (KPPN,KPP,KPKNL, Setjen, Itjen, BPPK, Bea Cukai, BPK, BPKP, dll).
  3. Jabatan yang diemban pada saat kerja.
  4. Status (keluarga, anak).


Nah itulah informasi Gaji Lulusan STAN dari gajibaru.com. Silakan disebarkan kepada teman-teman Anda di facebook, twitter, wa, dan media sosial lain jika informasi ini bermanfaat.

0 Response to "Gaji Lulusan STAN (Kebendaharaan Negara, Pajak, DLL) Berapa Sih?"

Post a Comment

Mohon masukan dan sarannya. Apabila ada yang tidak benar atau tidak sesuai dengan yang sebenarnya, mohon untuk diluruskan. Terima kasih atas kunjungannya. Like facebook saya untuk mendapatkan info-info terbaru. Terima Kasih