Upah Petugas Kebersihan Pada Dinas Kebersihan DKI Jakarta

Upah Petugas Kebersihan Pada Dinas Kebersihan DKI Jakarta - Jika anda ingin menjadi pegawai, meskipun cuma pegawai THL, bukan PNS, dan diperhatikan gajinya oleh pemerintah, maka DKI Jakarta adalah pilihan tepat untuk anda. Pemprov DKI Jakarta memberikan upah yang layak kepada para pegawainya yang bukan PNS atau honorer, termasuk kepada THL Petugas Kebersihan.

Seperti sudah kita ketahui bersama, UMP DKI Jakarta adalah UMP yang tertinggi di antara Provinsi-provinsi lainnya yang ada di Indonesia. Tahun 2016 ini sudah ditetapkan UMP DKI Jakarta dengan besaran Rp3.100.000,- per bulan dan UMSP DKI yang besarnya sesuai dengan sektor masing-masing.

Pada bulan Februari lalu Gubernur DKI Jakarta telah menerbitkan Pergub DKI Nomor 356 Tahun 2016 tentang Standar Satuan Upah Petugas Kebersihan pada Dinas Kebersihan. Pergub ini mengatur berapa besarnya upah atau gaji yang diterima oleh para petugas kebersihan di DKI Jakarta yang berstatus bukan ASN.

petugas kebersihan

DKI Jakarta adalah daerah paling padat penduduk di Indonesia dengan produksi sampah ribuan ton per hari. Jika sampah-sampah ini tidak ditangani oleh Petugas Kebersihan yang profesional dan dapat diandalkan, permasalahan sampah tidak akan bisa diatasi dan akibatnya bencana banjir kian parah di DKI Jakarta.

Dengan adanya standar pengupahan ini diharapkan petugas kebersihan DKI Jakarta dapat bekerja lebih profesional dan dapat diandalkan karena kesejahteraan mereka diperhatikan oleh pemerintah.

Besaran Upah Petugas Kebersihan DKI Jakarta

Upah Petugas Kebersihan DKI Jakarta dibayarkan melalui rekening Bank DKI yang bersangkutan. Petugas kebersihan DKI Jakarta terhitung mulai Februai 2016 mendapatkan upah berikut ini (sudah termasuk asuransi tapi belum termasuk Pajak Penghasilan):

Tenaga Kebersihan Keahlian


No Jabatan Besar Upah Nilai Upah (Rp)
1 Pengemudi Dumptruck/Typer (Besar/Kecil) 1,8 UMP 5.580.000
2 Pengemudi Truk Compactor (Besar/Kecil) 1,8 UMP 5.580.000
3 Pengemudi Trailer/Traktor Head 1,9 UMP 5.890.000
4 Pengemudi Truk Arm Roll (Besar/Kecil) 1,8 UMP 5.580.000
5 Pengemudi Lain-lain (Toilet, Truk Tangki Air, Bus) 1,8 UMP 5.580.000
6 Operator Alat Berat 2,5 UMP 7.750.000
7 Montir Teknisi 1,9 UMP 5.890.000
8 Nahkoda 2,9 UMP 8.990.000
9 Kepala Kamar Mesin 2,5 UMP 7.750.000
10 Juru Mudi Kapal 1,8 UMP 5.580.000
11 Pengemudi Germor 1,3 UMP 4.030.000
12 Penaemudi Mobil Lintas 1,6 UMP 4.960.000
13 Pengemudi Street Sweper/Washer 1,8 UMP 5.580.000
14 Petugas Keamanan Kantor/Security 1,6 UMP 4.960.000

Upah tertinggi diberikan kepada Nahkoda dengan besaran Rp8.990.000,- per bulan sedangkan upah terendah diberikan kepada Pengemudi Germor sebesar Rp4.030.000,- per bulan.

Tenaga Kebersihan Non Keahlian

Berikut ini upah per bulan yang diterima Petugas Kebersihan Non Keahlian DKI Jakarta 2016:

No Jabatan Besar Upah Nilai Upah (Rp)
1 Pesada 1,3 UMP 4.030.000
2 Kru 1,3 UMP 4.030.000
3 Anak Buah Kapal 1,7 UMP 5.270.000
4 Petugas Sampah Kali/Pesisir/Laut/Waduk/Penghubung/Saluran Mikro 1,6 UMP 4.960.000
5 Petugas Sampah Pesisir 1,6 UMP 4.960.000
6 Petugas Sampah Laut 1,6 UMP 4.960.000
7 Pengawas Kebersihan 1,6 UMP 4.960.000
8 Operator Timbangan 1,3 UMP 4.030.000
9 Petugas Instalasi Pengolahan Air Sampah 1,3 UMP 4.030.000
10 Petugas Saringan Sampah 1,3 UMP 4.030.000
11 Petugas Keamanan Alat Berat/Kapal 1,3 UMP 4.030.000
12 Petugas Dipo 1,3 UMP 4.030.000
13 Petugas Hoper/Compactor 1,3 UMP 4.030.000
14 Pengawas Titik Buang 1,6 UMP 4.960.000
15 Petugas Pengolah Sampah 3R 1,3 UMP 4.030.000
16 Petugas Kebersihan Kantor 1,3 UMP 4.030.000

Upah Petugas Kebersihan DKI Jakarta semuanya diberikan dengan besaran di atas UMP. Menarik bukan?

22 Responses to "Upah Petugas Kebersihan Pada Dinas Kebersihan DKI Jakarta"

  1. Terhitung sejak februari , saya PHL Badan Air akan tetapi PHL Dinas Kebersihan DKI Jakarta Belum ada yang menerima sebesar itu ?

    ReplyDelete
  2. PHL DKI Jakarta masih menerima 3.1JT belum sebesar UMP Itu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mas. Mohon maaf kalau boleh saya sampaikan bahwa informasi upah THL yang dimuat dalam artikel ini tidak tepat. Untuk informasi upah yang sebenarnya silahkan kunjungi halaman ini: http://www.jakarta.go.id/v2/produkhukum/download/5363/KEPGUB_NO._356_TAHUN_2016_.pdf

      Delete
    2. Nilainya sama saja mas, seperti angka di atas, Kepgub tidak berbeda dengn Pergubnya

      Delete
  3. Pertama2 para PHL Dinas Kebersihan Mengucapkan Terima Kasih atas Terbitnya Pergub No.356 Tahun 2016, Namun Realisasinya sangat diharapkan segera dicairkan mengingat kebutuhan yg banyak, diharapakan bapak gubernur memperhatikan kesejahteraan para Tenaga PHL. Tks Wantoni PHL

    ReplyDelete
  4. Mohon segera dicairkan Pergub 356 2016

    ReplyDelete
  5. Yth Bapak Gubernur DKI Jakarta Trima Kasih Atas Terbitnya Pergub No.356 Tahun 2016, Namun mohon segera dicairkan untuk kesejahteraan dan kebutuhan keluarga para tenaga kerja PHL Dinas Kebersihan, atas atensinya dihaturkan terina kasih. tks Wantoni PHL

    ReplyDelete
    Replies
    1. aturan yang aneh pergub No: 356 2016
      gaji udah pada besar kerja nya kroyokan korupsi nya masih aj jalan.perlu di refisi kembali gaji yg standart2 aj UMR_lulusan SMA_SMP paket C aj gaji nya 5,5 jt aduhhhhhhh,sama sarjana sama gaji nya.mohon pak gubernur mengkaji ulang tuh.klo gk mau di gaji UMR suruh tuker saja sm org kampung.masih banyak yg mau ke jakrta buat jadi tukang sapu/supir di DKI dinas kebersihan_dari pada mencangkul dan membajak sawah pake kerbau.di kaji ulang pak gubernur

      Delete
    2. Sori, bentar. Ini ada yg perlu dilurusin. Phl dinas kebersihan di bawah naungan dinas, dinas di bawah naungan pemprov, dan pemprov dikepalai gubernur. Udah jelas kan kalo kita bukan swasta? Kalo emang sarjana gajinya segitu, ya liat kerja dimana. Ini pelayanan publik boss, dikomando langsung sama pemprov, terserah mau ngegaji di atas umr apa pas umr. Kalo swasta ya beda urusannya. Kenapa jadi setarain gaji sarjana sama phl? Lha liat dulu latar belakangnya.

      Delete
  6. info lokernya dong pak lulusan smp

    ReplyDelete
  7. apa kah masi ada loker , kalo ada saya mau dong , saya lulusan Smp !
    bagi dong kalo ada info loker yang jelas dan pasti

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk info loker saya kurang tahu pak

      Delete
  8. Halo, perihal kenaikan gaji sudah diberitakan sejak maret kemarin. Namun sampai sekarang realisasinya belum sampai ke tangan para phl dinas kebersihan. Saya sendiri adalah petugas saringan sampah, dan tetap menerima gaji 3.1 juta dipotong pph 21 dan npwp setiap bulannya. Yang aneh adalah, bahwa saat menerima thr kemarin, saya yang kerja selama 2 tahun di dinas tidak menerima satu bulan gaji sebagaimana yang tertulis di surat perjanjian kerja. Hanya sekitar 2,850,000 waktu itu. Alasan dari dinas adalah, karena di bedakan status lajang atau kawinnya, punya anak atau tidak. Ini menjadikan tanda tanya, lalu sisa alokasi dana tunjangan yang di potong itu dikemanakan? Apakah di kembalikan ke anggaran daerah? Saya rasa tidak. Ini membuat kecurigaan baru. Untuk yang thr saja ada aturan seperti itu, bagaimana dengan penambahan gaji? Mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gaji 3,1 juga per bulan harusnya tidak kena pajak penghasilan, karena masih di bawah PTKP, baca PTKP baru di sini: http://www.gajibaru.com/2016/07/besaran-ptkp-terbaru.html

      Terkait THR yang besarannya 2,85 coba tanya dasar hukumnya, harus ada.

      Takutnya ada penyelewengan dan dananya ke mana kan.

      Delete
  9. Yth JS Jasnicom

    rezeki orang udah ada yang ngatur pak, lagian kerja nya juga sesuai dengan tanggung jawab dan beratnya... jangan suka sirik sama rezeki orang, kami juga ga sirik dengan orang.... makan dari hasil kerja di sampah juga udah memenuhi kebutuhan hidup, udah alhamdulillah banget, dan ga usah bawa bawa soal pendidikan..... setinggi apapun ilmu orang kita ga tau rezekinya dimana, yang jadi acuan bukannya lulusan apa, tapi skil sama moralnya.... harusnya bapak yang sarjana moralnya dan kata katanya bisa lebih bagus.. thanks Yuhana Fitria/Jakarta Timur

    ReplyDelete
  10. Ada temen yg bekerja sbg phl kebersihan blm trima. Gimana nih. Kbthn dasar phl harus dipenuhi.

    ReplyDelete
  11. gue aja yang punya gelar s1 universitas negeri ternama jd pengen jd petugas kebersihan dki soalnya gaji saya cuma 3,5 juta tp kalo ganti gubernur apakah msh segini jg gajinya ??? zaman foke aja ga diperhatiin nasib para petugas ini huff...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang tukang sapu jalan juga sudah digaji sesuai UMR, yang dulunya cuma 700 ribuan. Hehehe

      Delete

Mohon masukan dan sarannya. Apabila ada yang tidak benar atau tidak sesuai dengan yang sebenarnya, mohon untuk diluruskan. Terima kasih atas kunjungannya. Like facebook saya untuk mendapatkan info-info terbaru. Terima Kasih