Horee Pembuatan KTP Elektronik Dapat Dilakukan Di Luar Domisili, Apa Saja Persyaratannya?

Pembuatan KTP Elektronik (E-KTP) kini dapat dilakukan di luar domisili kita. Hal ini seiring dengan telah ditetapkannya Permendagri No 8 Tahun 2016 yang merupakan Perubahan Kedua atas Permendagri No 9 Tahun 2011 tentang Pedoman Penerbitan KTP Berbasi Nomor Induk Kependudukan secara Nasional.

ektp

Targetnya, 1 April 2016 ketentuan baru harus sudah mulai di jalankan. Oleh karena itu, mulai 1 April 2016 nanti kita sudah bisa membuat KTP Elektronik meskipun kita berada di luar domisili kita.

Saat ini pihak Kemendagri sedang mensosialisasikan peraturan baru ini agar setiap masyarakat baik yang mau membuat E-KTP maupun yang menerbitkan E-KTP dapat memahami peraturan yang baru ini.

Pelayan pembuatan E-KTP Gratis alias tidak dipungut biaya sepeser pun. Retribusi pembuatan E-KTP pun sudah dihapuskan.

Dengan adanya Permendagri No 8 Tahun 2016 ini diharapkan semakin mempermudah warga negara Indonesia untuk memiliki KTP Elektronik.

Penerbitan E-KTP Bagi Penduduk di Luar Domisili

Sebelum membahas lebih jauh perlu diketahui definisi dari Penerbitan E-KTP. "Penerbitan E-KTP adalah pengeluaran E-KTP baru, atau penggantian E-KTP karena pindah datang, rusak atau hilang".


Penerbitan KTP Elektronik bagi Penduduk di luar domisili adalah penerbitan KTP Elektronik bagi penduduk yang dilakukan di kabupaten/kota yang berbeda dengan alamat pada Kartu Keluarga atau KTP Elektronik yang dimilikinya, baik pengeluaran E-KTP baru maupun penggantian karena rusak, atau hilang.

Misalkan anda seorang warga Semarang, alamat KK Semarang. Anda saat ini tinggal di Jakarta dan ingin membuat KTP-el di Jakarta, dengan alamat di KTP tetap menggunakan Semarang. Maka dengan adanya Permendagri No 8 Tahun 2016, hal ini dapat dilakukan.

Atau anda sudah punya E-KTP Semarang, lalu anda tinggal di Jakarta. Tiba-tiba E-KTP anda hilang atau rusak di Jakarta maka anda bisa membuat penggantian E-KTP di Jakarta.

Bahkan menurut Permendagri ini, dalam perekaman dan penerbitan E-KTP penduduk di luar domisilinya baik itu baru maupun penggantian, Instansi Pelaksana dilarang melakukan perubahan data penduduk.

Instansi Pelaksana adalah perangkat pemerintah kabupaten/kota yang bertanggung jawab dan berwenang melaksanakan pelayanan dalam urusan Administrasi Kependudukan.

Persyaratan Penerbitan KTP-el bagi Penduduk di Luar Domisili

Penduduk Indonesia dapat membuat KTP-el di manapun ia berada. Adapaun penerbitan KTP-el bagi penduduk di luar domisili dilakukan dengan ketentuan:
  1. telah melakukan perekaman data (bagi yang mau buat E-KTP baru, sebelumnya belum punya E-KTP);
  2. kehilangan KTP-el di luar domisili (sudah punya E-KTP, tapi kehilangan E-KTP di luar domisili)
  3. rusak KTP-el di luar domisili (sebelumnya punya E-KTP tapi rusak di luar domisili)

1. Membuat KTP-el Baru di luar Domisili

Bagi penduduk yang ingin membuat KTP-el baru di luar domisilinya, maka ia harus melampirkan persyaratan:
  • mengisi formulir permohonan penerbitan KTP-el di Instansi Pelaksana di luar domisili dan
  • melampirkan fotocopy kartu keluarga (KK) penduduk yang bersangkutan.

2. Mengganti KTP-el yang Hilang di Luar Domisili

Bagi penduduk yang ingin mengganti KTP-el nya karena hilang di luar domisili, maka dia harus mlampirkan persyaratan:
  • mengisi formulir permohonan penerbitan KTP-el kepada Instansi Pelaksana di luar domisili;
  • surat keterangan kehilangan dari kepolisian di kabupaten/kota di tempat hilangnya KTP-el; dan
  • surat pernyataan kehilangan bermaterai.

3. Mengganti KTP-el yang Rusak di Luar Domisili

Bagi penduduk yang ingin mengganti E-KTP karena rusak di luar domisilinya, harus melampirkan persyaratan
  • mengisi formulir permohonan penerbitan KTP-el kepada Instansi Pelaksana di luar domisili; dan
  • melampirkan KTP-el yang rusak.

Tata Cara Penerbitan KTP Elektronik di Luar Domisili

Adapun tata cara penerbitan E-KTP di luar domisili sebagai berikut:
  1. penduduk melapor kepada petugas penerbitan E-KTP di luar domisili pada Instansi Pelaksana di luar domisili penduduk dengan mengisi formulir permohonan sebagai dasar untuk mengajukan permohonan penerbitan E-KTP di luar domisili;
  2. petugas pada Instansi Pelaksana melakukan pencarian data biometrik penduduk dengan menggunakan sidik jari atau iris mata penduduk untuk memastikan penduduk sudah pernah melakukan perekaman sebelumnya;
  3. petugas pada Instansi Pelaksana memindai surat keterangan kehilangan KTP-el dari kepolisian dan surat pemyataan kehilangan untuk dikirimkan ke server IDMS Pusat;
  4. petugas pada Instansi Pelaksana di daerah asal penduduk melakukan verifikasi data penduduk yang bersangkutan;
  5. petugas pada Instansi Pelaksana melakukan personalisasi data yang sudah diidentifikasi pada blangko KTP-el;
  6. petugas pada Instansi Pelaksana melakukan penyimpanan data yang sudah diidentifikasi ke dalam cip KTP-el;
  7. petugas pada Instansi Pelaksana melakukan verifikasi melalui pemadanan sidik jari penduduk1:1;
  8. KTP-el diserahkan kepada penduduk apabila data hasil identifikasi sidik jari sama dengan sidik jari yang bersangkutan:
  9. KTP-el tidak diserahkan kepada penduduk apabila data hasil identifikasi sidik jari tidak sama  dengan sidikjari yang bersangkutan;dan
  10. Dalam hal penggantian KTP-el yang rusak, penduduk menyerahkan KTP-el yang rusak pada saat menerima KTP-el yang baru.
Seluruh transaksi data hasil penerbitan tercatat di server lDMS Pusat. Persyaratan-persyaratan lainnya disesuaikan dengan persyaratan untuk pembuatan KTP-El secara reguler.

Mudah-mudahan ketentuan yang baru mengenai Pembuatan KTP Elektronik (KTP-el) di luar domisili ini dapat segera diterapakan dan benar-benar gratis sehingga setiap penduduk dapat memiliki KTP-el.

173 Responses to "Horee Pembuatan KTP Elektronik Dapat Dilakukan Di Luar Domisili, Apa Saja Persyaratannya?"

  1. Kenapa yah kalo bikin ktp_el lama sekali jadinya..dulu pas awal saya hampir 6 bulan baru dapat
    Kemarin2 adik saya buat hampir tiga bulanan padahal sangat urgent bnget bwat ngurus ambil rumah pajak motor....UUD (ujung2nya duwitH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe masih mending, saya sudah 3 tahun lebih, gak jadi sampai sekarang hehehe.

      Delete
    2. sama bos,, yg lama punya saya jg belum jadi sampai skrg ntah brp tahun itu,, jd ragu mau buat lagi

      Delete
    3. sama.. luar domisili pula... ribet harus pulang kampung ga cukup sekali..

      Delete
  2. ternyata msh blm bisa ngurus ktp yang hilang di luar domisili. saya coba ngurus di jakarta aja msh blm bisa alasan nya blm ada instruksi untuk itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Instruksi dari Gubernur atau dari mana yah

      Delete
  3. Apakah membuat e ktp baru di luar domisili harus melampirkan surat keterangan pindah dari RT sebelumnya? Terima kasih sebelumnya utk infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mengikuti ketentuan permendagri, tidak perlu. Tapi biasanya disdukcapil menambahkan persyaratan itu, coba koordinasi dengan dukcapil setempat

      Delete
    2. iya loh..di Bali juga masih susah banget :( ribet juga harus pulkam untuk ngurus ktp aja, padahal saya sudah diBali hampir 5 tahun.alhasil sampai sekarang sy masih pake Ktp lama :( semoga bener2 ada kebijakan dari pemerintah pusat dan selanjutnya akan di ikuti oleh pemerintah daerah

      Delete
    3. kok mau bikin EKTP di Bali untuk pendatang juga masih susah banget yah :( padahal saya udah berdomosili di Bali hampir 5 tahun, ribet banget kalau harus pulkam dulu untuk perpanjang KTP apalagi mau bikin EKTP. semoga bener2 akan ada Kebijakan Pemerintah Pusat yang nantinya akan diikuti oleh Pemerintah Daerah :(

      Delete
    4. Sepertinya pembuatan EKTP di luar domisili di Bali memang belum mau ya. Ajukan surat pindah dulu dari Disdukcapil Asal bu, lalu datang ke Disdukcapil Bali supaya dibuatkan KK Bali lalu sekalian rekam EKTP di Bali

      Delete
  4. KTP El saya kebetulan sudah patah. Saya mau mengurus pembuatan KTP el baru dgn data yg lama tentunya. Tp dlm hal ini, saya sekalian mau mengubah tandatangan. Apakah bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba saja datang ke dukcapil pak

      Delete
    2. dukcapil apaan ya admin??
      apakah penduduk catatan sipil?

      Delete
    3. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)

      Delete
  5. Saya juga ngurus susah banget.
    Ini sampai ktp saya yg lama udh mati.
    Ngurus e-ktp gak jadi2.
    Udah rekaman udah apa nyatanya belom jadi juga.
    Gimana solusinya???
    Mohon solusinya

    ReplyDelete
  6. Saya juga bikin lama banget.
    Udah gak jadi,kemarin ngurusin lagi malah suruh rekam ulang,selesai rekaman saya ke disduk capil malah blangko antrian habis.
    Gimana ini solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin minta pelicin kali Pak hehehe. Biasanya gitu

      Delete
  7. Pak saya mau memperpanjng ktp, ktp lama saya sudah mati, saya mahasiswa yang sedang kuliah d jogja,, saya sudah coba mngurus nya tapi ad yang bilang masalh jaringan, dn ad yang bilang sudah d tutup utk pembuatan e ktp untuk yang berdomisili,,tolong d tindak lanjtkn lagi tentang masalh jaringan utk pembuatan e ktp utk yang domisili,,, khususnya utk daerah jogja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, kurang info tuh pegawainya hehehe. Kalau masalah jaringan, yah memang sering kendala seperti itu. Mudah-mudahan segera dibenahi.

      Oiya, KTP elektronik kan tidak ada matinya, berlaku seumur hidup

      Delete
  8. kalau buat e ktp d kecamatan masih bisa ? saya asalnya kalimantan tengah domisili di malang
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya dukcapil saja bu, barusan juga saya langsung ke dukcapil

      Delete
  9. sorry gan saya mau tanya , saya punya ktp yang lama asli lampung kemudian mendengar september akhir akan susah ngurus ngurus sesuatu tanpa E-KTP, sedangkan saya lagi kerja di jakarta mau pulang tidak bisa , klo saya bikin di jakarta caranya gimana ya, syarat mungkin KK, diganti dengan foto copy ktp lama bisa tidak dan semestinya saya langsung pergi ke kantor mana
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah pernah rekam e-ktp belum gan? Pertama-tama datang ke Disdukcapil di Lampung, minta surat Pindah. Lalu datang ke Disdukcapil di Jakarta, surat pindah tadi. Biasanya diminta juga KK yang lama.

      Delete
  10. saya kerja di jakarta, KTP sumatera utara, datang ke kantor kecamatan disuruh langsung ke Kemendag atau ke dinas kependudukan. yang benar yang mana sih.. padahal surat2 sudah saya lengkapi. Alasan mereka, mereka ga bisa melakukan yang bukan domisili

    ReplyDelete
    Replies
    1. datang ke dukcapil pak, jangan ke kecamatan. Tunjukin permendagrinya

      Delete
  11. Saya orang magetan pegen bikin ektp di karawang,tapi alamat ektp tetep magetan bisa gak pak.saya sudah pernah datang ke kecamatan tapi tidak bisa ya pa.saya mesti datang ke mana ni?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai dengan Permedagri 8 di atas, seharusnya bisa pak. Datang ke Disdukcapil Pak, jangan ke kecamatan

      Delete
  12. Saya sudah punya ektp asli ponorogo, lalu saya pindah ke sby ikut suami, lalu ektp saya yg lama di tarik diganti (ktp sementara ) sby.
    Masalahnya, skr saya lg di banten, tidak bisa pulang ke sby untk ganti ektp ( krna lg hamil gede ).
    Lalu mn cara saya buat bisa dapet ektp? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus ada surat pindah dari Disdukcapil yang lama, baru bisa bikin KTP di tempat baru Bu. NIK tidak boleh berubah.

      Delete
  13. Istri saya sudah pernah rekam ektp di daerah asalnya: ponorogo, dan sudah punya ektp. Setelah itu dia pindah domisili sby (ikut saya ) ektp ditarik dan diganti ktp sementara.
    Skr posisi kami lg di banten, tidak bisa pulang ke sby buat ngurus/nukerin ktp sementara istri saya di sby (krna hamil besar). Mohon solusinya gan, gmn supaya bsa dapet ektp.thx

    ReplyDelete
  14. td pagi saya mau mengurus e ktp min..tetapi ditolak sama org kelurahan dukuh pakis sby nya dikarenakan saya domisili medan (org perantau) padahal saya sangat butuh sekali e ktp buat kepengurusan bpjs..gmn ya min? kok masih blm bisa ya meninggat tgl 1 april 2016 kepengurusan ktp bisa di mana saja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan ke kelurahan, datang langsung saja ke Disdukcapil

      Delete
  15. saya memiliki ktp lama dan ingin mengubahnya ke e ktp. tapi saya sedang kuliah di jakarta, ktp lama saya berasal dari bali. bagaimana mengurus e ktp dijakarta ya ? dimana tempatnya dan juga hal apa saja yang diperlukan untuk membuat e ktp tersebut ? apa hanya membutuhkan fotokopi kk saja ? bagaimana dengan surat pengantarnya ? terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, peraturannya cukup fotokopi KK, pengantar RT RW gak perlu lagi berdasarkan surat edaran mendagri. Bikin EKTPnya di Disdukcapil saja.

      Delete
    2. gan, bagaimana cara ngurus EKTP bagi yg berdomisili di Bali? ktp saya dah mau habis masa berlakunya, kemaren2 ini mau bikin KTP di Bali selalu susah, katanya gak bisa dan lain sebagainya. saya harus pergi kemana? lagsung ke kecamatan kah? sayaratnya apa aja yah? please advise yah.. makasih..

      Delete
    3. Datang ke Disdukcapil saja bu bawa Fotokopi KK

      Delete
  16. ktp saya belum di ubah ke e ktp , dan saya sedang berada diluar daerah saya karna sedang mengambil kuliah dijakarta. bagaimana cara mengubah ke ektp ? dimana kantor untuk membuat e ktp di jakarta barat dan hal apa saja yang perlu disiapkan ? apakah cuman fotokopi kartu keluarga saja tidak perlu surat pengantar ?

    ReplyDelete
  17. Saya sudah dateng disdukcapil karawang pak.tapi tetep gak bisa.mesti harus minta surat pindah dulu.ini yang salah Permedagri apa Disdukcapil nya pak.tolong pencerahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang terkadang beda dukcapil, berbeda menerapkan peraturannya. Kalau pakai surat pindah, mending sekalian saja bikin KK Karawang, lalu EKTPnya juga karawang. Bukan bikin EKTP di luar domisili jadinya. Sia-sia saja peraturan di atas

      Delete
  18. Sya masih menggunakan ktp lama karena belum melakukan perekaman data untuk ektp, sementara ktp tersebut sdh tdk berlaku lg. Berdasarkan berita yg sya baca batas akhir pembuatan ekt 30 sep dan syaratnya hanya butuh KK.
    Kondisi saat ini sya bekerja di jayapura semntara KK sya dri sorong.
    Pertanyaannya apakah KK tersebut bisa digunakan untuk pembuatan ektp atw harus menggunakan KK daerah jayapura??? Klu mmg KK tersebut bisa digunakan apakah butuh persyaratan tambahan berupa surat pindah dari daerah sorong????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau melihat peraturan di atas, bisa menggunakan KK Sorong lalu buat ektpnya di Jayapura. Tidak perlu surat pindah karena memang tetap menggunakan alamat sorong.

      Delete
  19. Maaf, Ibu saya domisili di Bekasi dan sekarang ia masih menggunakan ktp non elektrik , ia sekarang lagi tinggal sementara di tangerang dan ingin membuat EKTP . apakah membuatnya harus menyertakan surat Pindah dan surat rt rw domisili , ?? atau harus langsung ke dukcapil tangerang dngn mmbawa ktp non elektrik ?? mohon solusinya agar bisa punya EKTP

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya sih tidak perlu surat pindah kalau ingin membuat ektp dengan domisili tetap bekasi. Cukup bawa KK Bekasinya, lalu rekam di Tangerang. Kecuali mau pindah ke Tangerang baru pakai surat Pindah. Syarat pembuatannya cukup Fotokopi KK, berdasarkan pengalaman saya

      Delete
  20. Pak di semrang udah bisa buat e-ktp di luar domisili? Ktp saya masih domisili sumatera..tapi belum e-ktp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya sudah bisa. Kalau punya KK Semarang, bawa aja KK Semarang lalu rekam eKTP, tapi kalau punyanya KK Sumatera, dicoba saja

      Delete
  21. Saya pernah mengajukan pembuatan ktp elektronik diluar domisili sktr bln april (di serang-banten) sedangkan alamat asli saya pangandaran-jabar. Di dukcapil serang ditolak, dengan alasan belum ada sosialisasi dari pihak dukcapil pusat. Saya jawab, bukankah setelah peraturan ini ditandatangani oleh yg bersangkutan dan diundangkan berarti peraturan ini sudah berlaku. Mereka jawab betul, tapi karena belum ada instruksi langsung, blangko serta sop nya blm ada jadi blm bisa dilakukan. (Saat itu saya berdiskusi dengan pejabat dukcapil/mereka menyatakan tau ini dari iklan baris di tv), sementara untuk staffnya banyak yg tidak tahu menahu ttg aturan ini, bahkan parahnya lagi ada yg dengan percaya diri mengatakan ini baru wacana padahal peraturan ini ada di website resmi dukcapil.go.id. selanjutnya saya pulang ke pangandaran dan buat langsung di dukcapil dengan alasan superurgent karena akan dipakai pembaharuan data di tempat kerja, akhirnya bisa diproses dan jadi hanya dalam waktu 2 hari. Hehe sekedar share.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, biasa memang begitu, banyak pejabat yang kurang update dengan peraturan.

      Delete
  22. Orangtua saya dari nganjuk jawa timur, tetapi sudah di banjarmasin selama 4 tahun lebih. Sekarang mau mengurus ektp baru, tapi pada ktp lama berdomisili di nganjuk. Dimana mengurus ektp baru nya? Dan apa harus mengurus surat pindah dari kota asal? karna btas sampai akhir september. tlong bls

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau belum pernah rekam e-ktp, dan punya KK Banjarmasin, datang saja ke dukcapil bawa fotokopi KK, lalu rekam data ektp.

      Delete
  23. Saya,tinggal disumbawa..ktp saya sudah habis temponnya,saya mau urus ktp,tp blm bisa pulang ke.jawa tengah karena biaya.apakah saya bisa buat ektp tanpa surat domisili,,,karena disumbawa urus ktp diminta surat domisili..mohon saranya
    Lidia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah punya KK Sumbawa belum mba. Syarat pembuatan EKTP pakai Fotokopi KK mba. Datang saja ke Disdukcapil langsung

      Delete
  24. saya akan membuat e ktp di luar domisili. tapi, yg dimaksud dgn instansi pelaksana itu siapa ? apakah rt/rw, atau kecamatan ?

    ReplyDelete
  25. Saya mao nanya nich, saya asli kalimantan timur. Nah kan lagi heboh2nya harus buat ektp sblm tgl 30 september. Sedangkan saya lokasi di surabaya sini, tidak bisa pulang. diberita tulis kalo ektp bisa di buat di luar domisili. baru saja tadi pagi saya mao buat ektp di dukuh kupang barat lokasi di surabaya sana. Cuma pegawainya bilang kalo mereka belum mempunyai alat kayak gitu, katanya ditunda gitu alat2nya gitu. Kalo bisa tao lokasi di surabaya mana yang bisa buat ektp diluar domisili ya? Habisnya beritanya dah setengah tahun & alasannya tidak ada alat itu. Apa koran hanya menulis berita bohong saja? Terima kasih & mohon infonya

    ReplyDelete
  26. karena ada issue mulai 30 september ktp lama tidak berlaku. Jadi tadi pagi saya pergi untuk buat ektp. Saya asli kalimantan timur, sekarang berlokasi di surabaya. Dan saya membaca news kalo ektp bisa di buat di luar domisili. Jadi saya pergi buat ektp yang lokasinya di dukuh kupang barat disurabaya. Bapaknya berkata kalo mereka tidak memiliki alat2 yang bisa buat konek sementara ini. Jadi apakan berita ini hanya isu saja? Apalagi beritanya sudah ada sejak bbrp bulan lalu. Apa ini hanya ucapan , tapi prakteknya tidak ada sama sekali. mungkin ada tempat yang saya bisa kunjungin lagi di surabaya, Yg lokasinya lebih memastikan bisa membuat ektp ini? Terima kasih & harap saya mendapat info yang baik dan benar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Datang ke Disdukcapil saja bu. Untuk berita deadline 30 September memang masing simpang siur, dan belum saya temukan peraturan yang mengaturnya

      Delete
  27. Saya asal dr Sukabumi & sekarang bekerja di Jakarta. Sebelumnya saya sudah memiliki e-KTP pada tahun 2013 tetapi hilang di Sukabumi dan diganti dengan KTP non elektrik. Kalau saya mau proses di disdukcapil Jakarta Pusat apakah bisa ? perlu surat pengantar dari Sukabumi ngga pak ? Trim's

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesuai dengan poin 2 di atas, prosedurnya:

      mengisi formulir permohonan penerbitan KTP-el kepada Instansi Pelaksana di luar domisili;
      surat keterangan kehilangan dari kepolisian di kabupaten/kota di tempat hilangnya KTP-el; dan
      surat pernyataan kehilangan bermaterai.

      Delete
  28. Saya asli sukabumi, jawa barat tinggal di jakarta sudah 2 tahun.
    Sudah punya surat ket domisili dari rt/rw setempat..
    Kalo mau bikin ektp di jakarta gimana, tapi saya belum pernah rekam ektp? Bisa gak?
    Apa persyaratannya?

    ReplyDelete
  29. Bikin e-ktp harus di dukcapil atau masih bisa di kecamatan yah ?
    Kalaupun di dukcapil kira2 persyaratannya apa aja yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kecamatan setahu saya masih bisa, syaratnya cuma fotokopi KK

      Delete
  30. saya tinggal di Jakarta tapi ktp domisili Cepu,blora ingin buat e-KTP dan Jakarta tapi saya tanya dikelurahan tmt saya tinggal daerah penggilingan bilang tdk bsa.katanya sekarang bsa bkin dimana aja.kira" klo saya mau bkin yg bsa dmna ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Datang ke disdukcapil saja pak jangan ke kecamatan

      Delete
  31. sore ,

    mau tanya dong pak , saya masih pake ktp lama ktp bandung , tapi saya sudah 2tahun ini tinggal disurabaya untuk bekerja , nah keluarga saya yang awalnya tinggal dibandung sekarang pindah ke lampung jadi kartu keluarga saya Lampung .

    nah , gimana cara saya ngurus e-ktp . apa bisa disurabaya ? syarat nya bawa apa ? atau harus dibandung ? syarat nya apa ajh ? Terimakasih .

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau belum pernah rekam ektp, pakai KK Lampung saja, minta fotokopinya, lalu coba datang ke Disdukcapil Surabaya untuk membuat KTP Luar Domisili.

      Delete
  32. Dua hari yl saya mengantar ayah saya yg penduduk Banyuwangi untuk membuat EKTP baru di Kecamatan Rungkut Sby, tetapi ditolak(kecamatan Rungkut Sby tidak bisa melayani pembuatan EKTP diluar domisili).kemudian saya disarankan utk ke dukcapil Siola Sby. di dukcapil Siolapun tidak bisa melayani pembuatan EKTP diluar domisili. Menurut petugas bagian informasi Permendagri No 8 th 2016 baru sekedar wacana dan belum bisa terlaksana. Saya bingung yg mana yg benar? Ayah saya(80th)tdk mungkin pulang ke Banyuwangi mengingat kesehatannya yg tdk memungkinkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau namanya peraturan seharusnya bukan wacana, apalagi sudah keluar lebih dari setengah tahun.

      Delete
  33. mohon maaf minta masukannya, saya punya ktp siak aceh tapi tadi malam hilang saya sudah 2 tahun di batan saya mau buat e ktp di batam gmn caranya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk ktp hilang, ada persyaratannya di atas

      Delete
  34. maaf saya ingin bertanya, saya kuliah di Jakarta dan domisili saya di Makassar, saya sudah punya ktp lama dan mau buat e-ktp dari komentar di atas saya harus ke disdukcapil ? kalo di jakarta barat dimana ya? ada harus bahwa apa saja?

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ke dukcapil, untuk alamat saya kurang tahu. Sesuai Permendagri 8/2016 syaratnya cuma:

      mengisi formulir permohonan penerbitan KTP-el di Instansi Pelaksana di luar domisili dan
      melampirkan fotocopy kartu keluarga (KK) penduduk yang bersangkutan.

      Delete
  35. numpang tanya dong.. saya asli tebing tinggi dan KTP SIAK serta semua data saya masih tebing tinggi.. tapi sekarang saya tinggal di Medan.. bisa ga sih buat EKTP nya di medan? tapi saya belum pernah rekaman utk EKTP, belum ada data apapun utk EKTP.. dan kalau bisa dimana ya gan? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting ada KK, bisa mba. Datang saja ke Disdukcapil setempat

      Delete
  36. mohon pencerahannya, saya ingin membuat EKTP di Jakarta, tapi KK saya sudah jatuh tempo sejak Maret 2016.
    1. Jika membuat EKTP di kota sesuai alamat, apa masih perlu membawa KK?
    2. Jika membuat E-KTP di luar kota alamat, apa bisa menggunakan KK yang sudah jatuh tempo?
    terimakasih

    ReplyDelete
  37. Permisi saya mau bertanya masalah pembuatan e-ktp di luar daerah.
    Saya seorang mahasiswa di salah satu Institut di Surabaya tapi saya sendiri asli Banjarmasin dan hanya mempunyai ktp sementara. Sedangkan untuk pulang ke Banjarmasin saat ini tidak memungkinkan. Apakah saya bisa membuat ktp elektronik di Surabaya namun terdaftar sebagai warga Banjarmasin ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus ada Fotokopi KK Banjarmasin. Tapi saya kurang tahu apakah Disdukcapil Surabaya sudah siap belum dengan Pembuatan KTP di Luar Domisili, karena komentar di atas kebanyakan belum siap

      Delete
    2. gini Author saya dapat info lagi tadi. katanya untuk mengurus e ktp di luar domisili harus ada kipem (kartu penduduk musiman) gimana itu ?

      Delete
    3. wah, syarat apa lagi itu, memang ada tah di peraturan? Kalau melihat ketentuan Permedagri, syarat yang diminta cuma di atas

      Delete
    4. Nah okee deh author.
      Dan ini sedikit informasi kemarin saya coba tanya juga ke situs mediacenter.surabaya.go.id dibalas gini :
      "Selamat pagi. Mohon maaf sebelumnya untuk perekaman e-KTP di luar Domisili di lakukan di daerah masing masing (foto, iris mata, dan sidik jari), untuk cetaknya saat ini Surabaya belum bisa melayani permohonan cetak untuk warga di luar Domisili Surabaya. Terima kasih."

      Delete
    5. Sepertinya antara peraturan dan Pelaksanaan belum nyambung

      Delete
  38. Tolong donk, saya ktp di manado, tp skranh tinggal dbndung sm suami, belum buat e-ktp.. jd saya hrs buat e-ktp di bandung apa manado, secara, ak msih ikut sm kel di kk nya, yg di manado, blum sm suam

    ReplyDelete
  39. Maaf saya mau tanya..
    saya sudah pernah rekam e ktp th 2013 di kelurahan d daerah jawa tengah tapi saya gk dikasih bukti rekam.nya.. sekarang d karawang tapi domisili saya masih jawa tengah ,misal saya datang langsung ke capil karawang untuk cetak e ktp saya.. apakah harus dengan bukti rekam sya yang lama? Kalau tidak apakah saya bisa rekam ulang d karawang tapi domisili tetap jawa tengah.

    ReplyDelete
  40. Sudah cerita lama bahwa banyak juga warga yg gak mau tahu urusan ktp dirinya sendiri, bertahun2 pindah tp tdk mengurus surat pindah padahal mereka sebelumnya punya waktu untuk mengurus. Kalau kita ngerti dengan kondisi bangsa ini, yg cuma mau bikin ektp aja harus stop karena blanko abis, off line data, petugas yg gak mau tahu, koneksi antar propinsi gak becus (apalagi ngurus di tkt.kecamatan), bahkan korupsi di tingkat pusat.. ya penduduk yg wajib punya ktp harus lebih cerdas lah, bikin ektp itu juga tergantung nasib, kalau nasib jelek data pun bisa lost di tengah jalan. Sekarang iliran mereka perlu, baru berduyun2 di saat2 terakhir kelimpungan.. bicara harus pakai duitlah..inilah ..itulah..sibuklah..pokoknya protes, maunya enak sendiri. Jangankan kita mau urusan dengan petugas di wilayah lain, sama rt/rw sendiri aja banyak kok yang gak mau tahu.
    Hidup di negara yang sedang prihatin ini, cobalah dukung dengan keaktifan untuk acuh.Peraturan yg diterbitkan sering jauh dengan pelaksanaan di lapangan. Sebaiknya menurut saya, yg blm punya ektp dan msh punya domisili lama, lebih baik pulang saja utk perekaman/mengurus di daerah asal, sekalian anda silaturahmi . Kalau saat ini anda domisili di daerah orang, tanpa surat pindah, mau balik sdh gak mampu, ktp lama mati, ngurus segala macem jadi susah, mintalah solusi ke pihak yg benar, semoga tdk jadi makanan empuk oknum fulus.
    Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali pak. Permendagri di atas seharusnya menjadi solusi, tapi praktiknya masih jauh menyimpang

      Delete
  41. pagi min, maaf mau tanya nih.
    saya sudah lihat beberapa koment dan balasan'y di atas.
    saya juga punya pertanyaan yg sama seperti yg ditanyakan sebelum'y

    sebelum mnikah, istri saya sdh rekam eKTP. nah sekarang istri ikut tinggal dengan saya, apa perlu rekam eKTP lagi/tidak ya?
    mohon info persyaratan'y juga ya min.

    ReplyDelete
    Replies
    1. urus surat pindah dari tempat rekam ektp yang lama, lalu bikin KK di tempat tinggal sekarang, NIK jangan sampai berubah dari yang dulu pernah rekam EKTP. Setelah jadi, bawa fc KK ke dukcapil dan tinggal buat ektp, gak perlu rekam ulang,

      Delete
  42. Maaf,saya ingin bertanya. Dulu saya sudah pernah membuat E ktp tapi sampai sekarang jadi2 juga,sedangkan sekarang saya berada dijakarta.asli dari kalimatan barat, apa saya bisa buat e ktp dijakarta? Apa saja syaratnya! Apa cuma perlu fc KK

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah pernah rekam ektp di tempat lama harus pakai surat pindah bu

      Delete
    2. Maaf mau menambahkan, saya punya kasus yang sama dengan Ibu Asiii Astuti di atas. saya ingin menanyakan apakah setelah buat surat pindah, kita harus melakukan rekam ulang di daerah yang baru? dan NIK yang dimaksud apakah NIK yang sama dengan ktp yg bukan ektp? karena saya tidak tau NIK yang dibuat saat melakukan perekaman ektp sebelumnya.soalnya saya tidak pernah dikasih data perekamannya. (saya dari batam dan sekarang bekerja di bandung?)

      Delete
    3. kalau sudah rekam gak perlu rekam lagi. untuk tahu NIK yang mana, tinggal datang ke dukcapil yang baru terus cek mata, nanti keluar data yang pernah direkam sebelumnya, menggunakan NIK yang mana, lalu tinggal cetak.

      Delete
  43. Mohon responnya, kalau antri di disdukcapil mulai dari jam berapa ya? Soalnya ada temen saya dari subuh pun udah rame dan ga dapet kuota di hari yg sama. Alamat disdukcapil untuk rawamangun di mana ya? Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sekarang sedang ramai-ramainya antri. Untuk alamat saya kurang tahu pak

      Delete
  44. mLam.. saya mau tanya.. saya tingal di cinere depok. dan ktp+ kk saya cilacap.. ktp saya masih ktp biasa.. dan saya belum pernah rekam ktp el. apa bisa saya memproses penerbitan ktp el di depok..?? tolong di bantu. soal nya saya tidak bisa pulang ke cilacap kRena tuntutan kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai dengan Permendagri di atas, harusnya bisa, tidak perlu surat pindah, syarat-syaratnya sudah saya tulis di atas.

      Delete
  45. Mohon maaf min. Saya mau tanya. Saya kan mau ngurus E-KTP, tapi saya belum ada KTP yg lama. Apa bisa langsung ngurus E-KTP saja ? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget, bawa fotokopi KK ke disdukcapil

      Delete
  46. Saya domisili jogja sdg kerja dismarang. kalo kita mau rekam data untuk e-ktp apakah harus sesuai kantor tpdk per kecamatan? Misal saya kos di kecamatan A tapi kerja di daerah kecamatan B. Apakah saya bisa rekam data di kcamatan B. Karena saya cm ngekos? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih enak ke disdukcapil sih. Kalau kecamatan harus sesuai dengan kecamatannya

      Delete
  47. Ass,,saya mau tanya tentang pembuatan e-ktp,,saya dari kep.riau dulu saya sudah melakukan perekaman e-ktp didaerah saya karna e-ktp saya namanya salah jadi saya ganti,dan e-ktp saya ditarik dan diganti ktp lama,apakah saya bisa melakukan pembuatan e-ktp dibandung karna saya kuliah dibandung jadi saya tidak bisa kembali k tmpat asal saya untuk mengurusnya,,,bagaimna solusinya,,,terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lihat Permendagri di atas semestinya bisa, cuma apakah sudah diterapkan di bandung atau belum saya belum tahu

      Delete
  48. mau tanya, saya masih pake ktp lama yg uda lewat batas mau bikin e-ktp tapi saya kerja ditangerang dan belum bisa balik ke wonosobo jateng .
    bisa gak ya saya bikin e-ktp di disdukcapil tangerang?biasanya bawa surat2 apa saja?
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya bisa sesuai Permendagri di atas, syarat-syaratnya sudah ditulis di atas

      Delete
  49. Permisi,barusan saya ke dukcapil karawang... saya asli klaten jawa tengah, saya mau cetak kpt el katanya gak bisa harus pake surat pindah.. kalau kita d luar domisili seperti itu apa harus pakai surat pindah.. padahal d permendagri sudah tertera bisa mencetak ktp el di luar kota domisili.. mohon solusinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya tidak perlu surat pindah. Itulah yang disayangkan di Indonesia, suka nambah-nambahin peraturan, padahal aturan resminya tidak perlu surat pindah. Kalau pakai surat pindah mah bukan bikin ktp di luar domisili namanya

      Delete
  50. Pak saya mau tanya. Mengenai kondisi kependudukan saya. Saat ini saya belum punya KTP El. Saya bekerja di Kalimantan Tengah, alamat KTP saya saat ini adalah Jambi. Saya mau mengurus KTP El di tempat saya bekerja tanpa mengubah data di KTP saat ini. Kalau tadi saya baca diatas, salah satu syarat pembuatan KTP El baru di luar domisili adalah telah melakukan perekaman data (bagi yang mau buat E-KTP baru, sebelumnya belum punya E-KTP) dan petugas pada Instansi Pelaksana melakukan pencarian data biometrik penduduk dengan menggunakan sidik jari atau iris mata penduduk untuk memastikan penduduk sudah pernah melakukan perekaman sebelumnya. Seingat saya, di tempat asal domisili, saya belum pernah melakukan perekaman sidik jari maupun iris mata. Namun, data diri saya ada pada KK terbaru. Apakah saya masih bisa mengurus KTP El di luar domisili? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya bisa pak. Cuma terkadang realisasi berbeda dengan peraturan. Coba ke Disdukcapil saja pak.

      Delete
  51. Saya mau buat ktp-el di kecamatan Tangerang (DI JALAN RAYA SALEMBARAN) rumah saya tp di mintai biaya 250rb per ktp. Miris dengarnya sih 1ktp 250rb. Saya cari info memang seharusnya gratis kan. Saya memang belom melakukan perekaman. Jadi tolong info nya tetap bisa kan saya lakukan dimanapun saya tinggal. Ayah saya sudah datang ke kecamatan malah diomelin disuruh pulang disuruh ke RT. Mau jadi apa negara ini? Nyari untung nya transparan sekali anda. Bukannya tidak bisa membayar 250rb. Tp tolong tegakan peraturan berlaku. Semoga yg para anggota kecamatan dan RT nya desa cengklong ini membaca. Budayakan taat peraturan. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasal 79 A UU No 24 Tahun 2013 "pengurusan dan penerbitan Dokumen Kependudukan tidak dipungut Biaya".

      Lalu di Pasal 95 B, siapapun baik petugas desa/keluarahan, kecamatan, Disdukcapil, dll yang memungut biaya dikenakan sanksi penjara paling lama 6 tahun dan/atau denda paling banyak 75 juta.

      Difoto saja orangnya pak, sebar ke media sosial, ditembuskan ke media sosial (fb, twitter dll) milik kemendagri.

      Laporkan juga ke Inspektorat atau Ombudsman.

      Oya, langsung datang ke Disdukcapil saja, gak usah ke kecamatan.

      Selain itu, sudah ada surat edaran mendagri, bikin E-KTP tidak perlu pengantar RT RW

      Delete
  52. Pembuatan ktp-el di desa cengklong kecamatan Kosambi tangerang masih berbayar. Hari ini ayah saya datang ke kecamatan tsb untuk membuat ktp-el. Tapi disuruh pulang lagi, "harus melewati RT, lurah baru ke kecamatan" alhasil ayah saya pulang lagi. Dan ke RT setempat (cengklong) harus bayar 250 ribu rupiah. Wooww. Apa benar ini info yg gratis, mengapa masih ada oknum-oknum seperti ini. Yang tidak tau aturan bahwa gratis. Mohon tanggapannya. Apa harus saya share jg nama oknum tsb ini. Terimakasih

    ReplyDelete
  53. Pak Mau tanya utk poin nomer 2..

    petugas pada Instansi Pelaksana melakukan pencarian data biometrik penduduk dengan menggunakan sidik jari atau iris mata penduduk untuk memastikan penduduk sudah pernah melakukan perekaman sebelumnya;

    Nah, masalahnya saya domisili di bali, ktp depok - jawa barat, sama sekali blm pernah melakukan perekaman sebelumnya.. apa saya bisa melakukan rekaman biometrik di bali juga pak? atau harus balik dulu ke depok? PR banget gak tuh... mana gaji pas-pas an.. hahaha ada2 aja dah nih ktp elektronik..

    ReplyDelete
  54. Pak, saya mau tanya untuk poin nomer 2:

    "petugas pada Instansi Pelaksana melakukan pencarian data biometrik penduduk dengan menggunakan sidik jari atau iris mata penduduk untuk memastikan penduduk sudah pernah melakukan perekaman sebelumnya;"

    Nah masalahnya saya domisili di Bali, Ktp lama alamat di depok - jawa barat, dan belum pernah melakukan rekaman biometrik sebelumnya. Bisa gak ya saya rekaman di bali atau harus balik dulu ke depok utk rekaman biometriknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya bisa. Daripada repot, di Bali ditolak terus, mending ke Depok aja bawa FC KK Depok langsung bikin E-KTP di Depok

      Delete
  55. Mohon dibantu infonya pak,ktp saya kan masih ktp lama ktp sumatra,saya mau bikin e ktp nya di jakarta bisa ga pak soalnya saya tinggal dijakarta mohon infonya trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal ada KK Jakarta bisa pak. Kalau KK masih Sumatera, biasanya Disdukcapil minta surat pindah, meskipun sebenarnya sesuai permendagri di atas tidak perlu

      Delete
  56. Aslm... Mau tanya , saya warga bandung belom punya ektp masih ktp lama dan blm pernah perekaman, karna kerja saya gk bsa pulang untuk ngurus, gmna apa kah bisa ngurus di tempt kerja di daerah tangerang?

    ReplyDelete
  57. Mohon dibantu infonya pak,ktp saya kan masih ktp lama ktp bandung kk nya pun bandung,saya mau bikin e ktp nya di tangerang bisa ga pak soalnya saya terikat kerjaan jd gk bsa plng, mohon infonya trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya bisa, mengikuti permendagri di atas. COba konsultasi ke DIsdukcapil setempat

      Delete
  58. e-KTP saya kan hilang di jakarta , e-KTP saya denpasar. Harusnya bisa kan ya urus di disdukcapil di jakarta tanpa harus ke denpasar lagi? persyaratan nya apa saja ya? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, seharunya bisa, syaratnya ada di atas

      Delete
  59. Selamat sore pak, saya mahasiswi yg kuliah di Bali. KTP saya alamat lampung, dan belum pernah buat E KTP. Apabila saya buat E-ktp di bali bisa tidak ya pak tanpa surat pengantar atau surat keterangan pindah? karena saya disini kuliah bukan pindah. Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada KK Bali mending bikin pakai KK Bali, KTP luar domisili kayaknya belum pada bisa

      Delete
  60. saya kemarin sudah bikin KTP-el,, tpi ada kesalahan data,, jenis kelamin saya salah, kemudian saya udah urus buat pergantian data jenis kelaminnya. tapi udah 2 thun belum kelar2.kemarin sya bikin nya di bangka belitung.sekarang saya magang di jakarta timur. saya denger2 kabar september ini semuanya harus ktp-el.jadi gimana caranya saya bikin ktp-el lagi? dan bisa nggak bikin nya di jaktim saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabarnya diundur lagi sampai 2017, benar atau tidaknya coba cari info lagi

      Delete
  61. Problem saya adalah ingin mengganti alamat domisili, saya tinggal di Bekasi tapi saya asalnya dari pacitan. Saya ingin mengganti alamat e ktp saya dari alamat Bekasi Ke alamat pacitan, saya sudah dapat Surat pindah dari dukcapil Bekasi.... Tapi tetap saya harus melakukan proses penggantian data nya di pacitan. Padahal seharusnya dengan permendagri diatas... Saya bisa melakukan pergantian disini. Buat pulang Kampung bukan masalah mudah Karna jauh dan ektp barunya juga tidak selesai dalam Waktu singkat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang agak membingungkan pelaksanaannya pak

      Delete
  62. kalau pindah domisili kecamatan bisa nggak ya? misal saya warga A ngurusnya di kecamaan B karena selalu kehabisan antrian gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hubungi kecamatan setempat saja pak, atau langsung ke Disdukcapilnya saja

      Delete
  63. katanya sudah bisa ngurus e ktp walaupun di luar domisili tapi kok saya tadi mau ngurus e ktp luar domisili malah gk bisa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pihak pelaksana memang banyak alasan pak, katanya belum bisa, padahal peraturannya sudah ada

      Delete
  64. saya mau nanya, kira kira dikecamatan mana aja yang sudah bisa membuat e ktp luar domisili, soalnya saya dari samarinda ke jakarta cuman berobat pake bpjs, saya takut bpjs saya di nonaktifkan dan saya mau nanya lagi kira kira klo sampai akhir bulan september ini masih belom punya e ktp bisa naik pesawat nggk ? mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kecamatan mana saja saya kurang tahu pak, silakan langsung ke kecamatan setempat

      Delete
    2. peraturan gk bisa di mundurkan lagi kh ?

      Delete
    3. naik pesawat bisa tunjukin pakai SIM kan. Kabarnya diundur lagi perekaman ektp smpai 2017

      Delete
  65. saya tdi pagi membuat e-ktp di tanggerang,trus kata petugasnya blum bisa klau di luar domisili, itu gmna ya solusinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau gak mau bikin surat pindah, atau bikin di tempat asal

      Delete
  66. Mebuat KTP mebutuhkan waktu lama. Tolong di permudah lah pebuatanya.kita butuh waktu bwt bekerja. Pemerintahan tolong kami..

    ReplyDelete
  67. KTP skrng mudah rusak.. seumur hidup kok mudah rusak

    ReplyDelete
  68. semoga betul perekaman ektp diundur sampai 2017

    ReplyDelete
  69. Saya mau buat ektp tp ktp lama saya hilang, bagaimana ya? Oya, rencana saya mau buat e ktpnya di luar domisili. Apakah bisa? Terima kasih

    ReplyDelete
  70. Saya mau buat ektp diluar domisili, tapi ktp lama saya hilang, bagaimana? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk pembuatan ektp di luar domisili ternyata pihak disdukcapilnya belum siap

      Delete
  71. ktp lama saya ktp DKI jakarta, tapi saya skrg domisili di surabaya karena kerja di surabaya, mau nanya gmn cara nya utk meungubah KTP lama saya menjadi E-KTP ??? apa saya hrs balik ke jakarta lg? atau bs mengurusnya di surabaya?? tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ke jakarta, rekam di jakarta, terus cetak dijakarta, atau minta surat pindah ke disdukcapil, rekam di surabaya, dan cetak di surabaya juga.

      saat ini rekam ektp di luar domisili ternyata belum berjalan.

      Delete
  72. Saya domisili lampung, dan sedang kuliah di malang. saya tanya di malang katanya tidak bisa mengurus e ktp di malang karena belum ada applikasinya. Akhirnya saya coba ke jogja, dan alhamdulillah bisa... Tapi pas udah dapet nomor antrian mala sistem pusat nya offline! Mengecewakan!!!!!! Udah abis duit, buang2 waktu sampe izin kuliah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, lagi lagi alasannya Sistem. Apa gak diantisipasi dari awal ya

      Delete
  73. Mengecewakan! Sudah ditentukan tanggal akhirnya tapi malah sempet2 nya sistem pusat nya offline. Padahal saya udah jauh2 dari malang-jogja. Gimana nih

    ReplyDelete
  74. Saya asal Palembang cari kerja di Sukabumi,saya mau bikin ktp el nya di Sukabumi bisa gak?tanpa hrs pulang lg dan apa aja persyaratannya?

    ReplyDelete
  75. Butuh stgh hari. Prosesnya mudah cm fc ktp dan kk saja. Isi form, foto, sidik jari, scan mata. Selesai.cuma bisa di disdukcapil dki jakarta jl. Letjend. S. Parman 7. Grogol tomang jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuih, sudah ada yang bisa juga yah. Terima kasih informasinya. KTP luar domisili mana kalau boleh tau

      Delete
    2. Hi mas author ....
      Sy baca koment dari atas hingga dapat komentar yg sy tunggu.tp sy mau coba langsung ke disdukcapil dan KTP sy berdomisili luar .semoga bisa yah Aameen

      Delete
    3. Iya mudah-mudahan bisa. Sukses ya

      Delete
  76. Ini sudah lewat jatuh tempo 30 September.
    Saya warga Semarang, saya sudah pernah rekam data 3 tahun yang lalu, saya menanyakan E-KTP saya di Dispendukcapil Semarang katanya belum jadi nanti akan di infokan lagi kalo sudah jadi. belum ada kabar, saya pindah ke Palembang. saya minta tolong saudara saya di Semarang untuk menanyakan E-KTP saya dengan membawa KK Semarang.tapi ternyata data saya tidak ada dan tidak terekam. Saya pernah datang ke Dispendukcapil Palembang mereka tidak memberikan solusi katanya kalau saya rekam data di Palembang harus bikin KK Palembang dan dapat E-KTP Palembang. tapi saya ingin E-KTP tetap Semarang. ada solusi? tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu komentar di atas bisa bikin KTP di luar domisili bu. Coba tanya ke Disdukcapil Palembang kapan bisanya

      Delete
  77. Asaalamualaikum..
    Sya dari Palu dan KK pun juga KK palu. Saat masuk SMA sya melanjutkan ke Makassar. Dan skrng sya sudah kuliah di Makassar. Sya mau buat KTP, saat sya mengurusnya ke kantor lurah katanya tdk bisa karna KK palu. Syapun menyuruh keluarga di Palu tuk buatkan surat pindah tapi kata lurah di palu tdk bisa juga karna yg bersangkutan tdk ada.. apakah sya harus ke palu tuk ttd surat pindah atau ada alternatif lain yg lebih mudah..
    Sya butuh sekali KTP pak..
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minta surat pindahnya jangan ke Lurah mas, ke Disdukcapil. Kemarin saat saya ke Disdukcapil juga yang diminta surat pindah dari Disdukcapil bukan dari lurah

      Delete
  78. saya sudah tanya ke disduk capil hanya bisa ngerekam saja tapi ngambil ktp na harus di tempat kta berasal apa kah gak bsa di ambil di tempat yg kta tinggal sekarang aja ???

    ReplyDelete
  79. saya kehilangan ktp dijogja, namun asal saya riau, sudah melakukan perekaman e-ktp, nah untuk syarat membuat e-ktp yg hilang haru pake fotokopi kk nggak ya? soalnya saya tidak bawa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari Permendagri di atas syaratnya cuma:

      mengisi formulir permohonan penerbitan KTP-el kepada Instansi Pelaksana di luar domisili;
      surat keterangan kehilangan dari kepolisian di kabupaten/kota di tempat hilangnya KTP-el; dan
      surat pernyataan kehilangan bermaterai.

      Delete
  80. Sekedar complain dan ingin meminta solusi, saya memiliki ktp luar daerah surabaya, dan sedang berusaha melakukan rekam e ktp di kantor dispenduk surabaya. Saya memutuskan untuk rekam di surabaya dikarenakan terhalang pekerjaan dan karena sudah ada peraturan pemerintah yang tertulis bahwa penduduk bisa melakukan rekam ektp walaupun tidak berada di daerah asal pembuatan ktp nya. Tetapi setelah saya datang 2x ke kantor dispenduk surabaya, saya ditolak untuk melakukan perekaman ektp dengan alasan seperti banyaknya alasan yang dituliskan pada komentar2 di atas, yaitu: belum di sosialisasikan, itu cuma berlaku di jakarta saja, bahkan ada jawaban yang mengatakan aplikasi rekam e ktpnya belum ada untuk yang domisili luar wilayah surabaya. Menyedihkan dan kecewa atas jawaban itu, karena seolah-olah mereka tidak mau menerima karena bukan warga nya. Padahal kantor dispenduk wilayah saya mengatakan seharusnya bisa menerima rekam ektp saja dan kemudian dikirimkan ke dispenduk domisili saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memang sangat disayangkan, implementasi di lapangan tidak sesuai dengan peraturan, dan terkesan mempersulit.

      Bagaimana Warga mau punya KTP kalau mau bikin saja dipersulit?

      Delete
  81. sekedar informasi dan pengalaman saya..sewaktu saya membuat EKTP jakarta dan perekaman di kelurahan.. untuk menunggu pencetakan ktp itu diberi estimasi 2minggu mungkin lebih..
    Akan tetapi saya mendapat informasi kalau pencetakan EKTP bisa di lakukan dikantor walikota di PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) tanpa pikir panjang saya langsung meluncur ke kantor walikota jakarta selatan. setelah sebelumnnya melakukan perekaman EKTP di kantor kelurahan dan alhasil cuma menunggu sekitar 30 menit ektp saya sudah jadi. syarat pencetakan hanya membawa bukti surat perekaman ektp dan fotocopy kartu keluarga. dan harus diketahui juga. untuk blangko ektp di kantor walikota PTSP cuma 60 blangko perhari.

    ReplyDelete
  82. Permisi saya mau tanya, saya memiliki ktp yg masih laminating dengan alamat tinggal di Sumut, domisili saya sekarang di Depok dan ngekos, apakah saya bisa mengurus e-KTP di Depok dan apa syaratnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada KK Depok, langsung saja bawa FC KK ke Disdukcapil dan rekam E-KTP (kalau sebelumnya belum pernah rekam).

      Kalau sudah pernah rekam e-KTP di Sumut itu yang agak repot

      Delete
  83. apakah pengurusan e ktp yg hilang di luar domisili sama dengan pengurusan sim c..? d luar domisili..? soalnya sya khilangan dompet yg isinya e ktp. sim c. bpjs dll.. tolong bantuannya min..trimkasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda sama sim C. Kalau sesuai peraturan prosedurnya ada di tulisan di atas mba.

      Delete

Mohon masukan dan sarannya. Apabila ada yang tidak benar atau tidak sesuai dengan yang sebenarnya, mohon untuk diluruskan. Terima kasih atas kunjungannya. Like facebook saya untuk mendapatkan info-info terbaru. Terima Kasih