Gaji dan Tunjangan Staf Khusus Presiden dan Staf Khusus Wakil Presiden

Berapa sih gaji dan tunjangan yang diterima Staf Khusus Presiden? Berapa sih gaji dan tunjangan Staf Khusus Wakil Presiden? Berapa gaji dan tunjangan Wakil Sekretaris Pribadi Presiden, Asisten, dan Pembantu Asisten? Mungkin sebagian dari anda ada yang bertanya, karena barangkali anda berniat melamar jabatan tersebut.

gaji staf khusus presiden

Sebelum mengetahui besarnya gaji yang diterima oleh mereka, mungkin perlu juga bagi anda untuk mengenal lebih jauh tentang jabatan-jabatan tersebut.

Apa Sih Tugas Staf Khusus Presiden?


Jabatan Staf Khusus Presiden dan Staf Khusus Wakil Presiden diatur dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 17 Tahun 2012 yang telah diubah dengan Perpres Nomor 55 Tahun 2015.

Staf Khusus Presiden merupakan staf khusus yang bertanggung jawab kepada presiden untuk melaksanakan tugas tertentu yang diberikan presiden selain tugas-tugas yang sudah dicakup dalam susunan organisasi kementerian dan instansi pemerintah lainnya.

Staf Khusus Presiden dapat berasal dari Pegawai Negeri (PNS, TNI, Polri) maupun non pegawai negeri. Staf Khusus Presiden yang berasal dari Pegawai Negeri, tetap menerima gaji sebagai Pegawai Negeri, dan pada saat diangkat menjadi Staf Khusus Presiden dinaikkan pangkatnya setiap kali setingkat lebih tinggi dalam batas jenjang pangkat untuk jabatan yang bersangkutan.

Jumlah Staf Khusus Presiden paling banyak adalah 10 orang termasuk Sekretaris Pribadi Presiden. Khusus untuk Sekretaris Pribadi Presiden, dapat dibantu oleh Wakil Sekretaris Pribadi Presiden dan 5 Asisten yang 2 di antaranya diperbantukan kepada Ibu Negara.

Staf Khusus Presiden selain Sekretaris Pribadi Presiden hanya dibantu maksimal 2 Asisten. Selanjutnya tiap-tiap Asisten terdiri atas maksimal 2 Pembantu Asisten.

Jika disetarakan, jabatan-jabatan di atas dapat diringkas sebagai berikut:

Jabatan Disetarakan dengan
Staf Khusus Presiden Eselon Ia
Wakil Sekretaris Pribadi Presiden Eselon I b
Asisten Eselon II a
Pembantu Asisten Eselon III a

Apa Sih Tugas Staf Khusus Wakil Presiden?


Sama halnya dengan Staf Khusus Presiden, Staf Khusus Wakil Presiden juga dapat berasal dari Pegawai Negeri maupun Non Pegawai Negeri. Ketentuan bagi Pegawai Negeri yang menjadi Staf Khusus Wakil Presiden juga sama dengan yang menjadi Staf Khusus Presiden.

Staf Khusus Wapres secara tugas bertanggungjawab kepada Wapres dan tugasnya adalah melaksanakan tugas tertentu di luar tugas-tugas yang sudah Wapres dalam rangka memberikan supervisi tugas-tugas yang sudah dicakup dalam susunan organisasi Sekretariat Wapres.

Staf Khusus Wapres maksimal berjumlah 8 orang. Selanjutnya, setiap Staf Khusus Wapres dibantu paling banyak 2 asisten yang dapat berasal dari Pegawai Negeri maupun Non Pegawai Negeri.

Apa Sih Utusan Khusus Presiden Itu?


Utusan Khusus Presiden dapat berasal dari Pegawai Negeri ataupun Non Pegawai Negeri, yang bertugas untuk melaksanakan tugas tertentu yang diberikan oleh Presiden di luar tugas-tugas yang sudah dicakup dalam susunan organisasi kementerian dan instansi pemerintah lainnya.

Hak Keuangan dan Fasilitas Lainnya bagi Utusan Khusus Presiden diberikan setinggi-tingginya setingkat dengan jabatan Menteri.

Utusan Khusus Presiden dibantu maksimal 2 Asisten dan tiap Asisten dibantu maksimal 2 Pembantu Asisten yang semuanya dapat berasal dari Pegawai Negeri ataupun Non Pegawai Negeri.

Hak Keuangan Staf Khusus Presiden dan Wapres serta Wakil Sekretaris Pribadi Presiden, Asisten dan Pembantu Asisten


Kepada orang yang menduduki jabatan-jabatan yang telah disebutkan di atas, berhak untuk memperolah hak keuangan. Hak Keuangan bagi Staf Khusus Presiden, Staf Khusus Wapres, Wakil Sekretaris Pribadi Presiden, Asisten dan Pembantu Asisten di atur dalam Perpres Nomor 144 Tahun 2015.

Hak keuangan sendiri merupakan total dari gaji dasar, tunjangan kinerja, dan tunjangan pajak penghasilan yang diterima oleh yang bersangkutan.

Bagi Pegawai Negeri yang menduduki jabatan tersebut, maka besarnya hak keuangan yang dibayarkan adalah sebesar selisih antara hak keuangan sesuai Perpres 144 Tahun 2015 dikurangi dengan Penghasilan yang diterima sebagai Pegawai Negeri.

Terhitung mulai 1 Januari 2016, berikut ini adalah Hak Keuangan Staf Khusus Presiden, Staf Khusus Wapres, Sekretaris Pribadi Presiden, Asisten dan Pembantu Asisten:

Jabatan Hak Keuangan Per Bulan
Staf Khusus Presiden/Staf Khusus Wapres 51.000.000
Wakil Sekretaris Pribadi Presiden 36.500.000
Asisten 32.500.000
Pembantu Asisten 19.500.000

Asisten yang menerima Hak Keuangan sesuai Perpres 144 2015 terdiri atas:
  1. Asisten Utusan Khusus Presiden
  2. Asisten Staf Khusus Presiden
  3. Asisten Staf Khusus Wakil Presiden

Sedangkan Pembantu Asisten yang mendapatkan Hak Keuangan sesuai Perpres 144 2015 adalah:
  1. Pembantu Asisten Utusan Khusus Presiden
  2. Pembantu Asisten Staf Khusus Presiden (Tidak ada Pembantu Asisten Staf Khusus Wapres)

Setelah melihat besarnya penghasilan yang diterima Staf Khusus Presiden dan Staf Khusus Wapres, apakah anda berniat menjadi Staf Khusus Presiden atau Staf Khusus Wapres?

2 Responses to "Gaji dan Tunjangan Staf Khusus Presiden dan Staf Khusus Wakil Presiden"

Mohon masukan dan sarannya. Apabila ada yang tidak benar atau tidak sesuai dengan yang sebenarnya, mohon untuk diluruskan. Terima kasih atas kunjungannya. Like facebook saya untuk mendapatkan info-info terbaru. Terima Kasih