Pakaian Dinas Baru PNS Kemenag: Baju Putih Lengan Panjang Kian Populer

Pakaian Dinas PNS Kemenag yang baru telah diatur oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama dengan Surat Edaran (SE) Sekjen Kemenag Nomor SJ/B.VI/HK.00.7/8607/2015 tanggal 26 November 2015. Sebelumnya, Kemendagri telah menerbitkan Permendagri Nomor 68 Tahun 2015 tentang Pakaian Dinas Baru PNS di Lingkungan Kemendagri dan Pemda.

Dengan adanya SE Sekjen Kemenag Nomor 8607 Tahun 2015, maka baju seragam PNS yang lebih sederhana, yaitu baju putih lengan panjang menjadi kian populer di lingkungan pemerintahan. Kementerian/Lembaga lain juga sebenarnya sudah banyak yang menerapkan seragam dinas pada hari hari tertentu menggunakan baju putih dan celana/rok berwarna gelap.

Aturan Pakaian Seragam Dinas Baru Kemenag


SE Sekjen Kemenag No 8607 Tahun 2015 ditujukan kepada Para Pejabat Eselon I Pusat Kemenag, Rektor UIN/IAIN, Ketua STAIN/STAKN/STHAN, dan seluruh Kepala Kanwil Kemenag di seluruh Indonesia.

pakaian dinas kemenag

Tujuan ditetapkannya seragam pakaian dinas PNS Kemenag adalah untuk meningkatkan disiplin para pegawai serta kerapian dalam berpakaian bagi para pegawai Kemenag.

Adapun peraturan pakaian dinas yang berlaku bagi pegawai ASN dan Honorer di lingkungan Kemenag sesuai surat edaran tersebut adalah:

1. Pakaian Dinas Hari Senin-Rabu

  • Pria: Kemeja Putih Lengan Panjang - Celana Warna Gelap
  • Wanita: Blus warna putih, bawahan warna gelap, jilbab/kerudung menyesuaikan

2. Pakaian Dinas Hari Kamis

  • Pria: Kemeja Baju Batik -  Celana Warna Gelap
  • Wanita: Menyesuaikan

3. Pakaian Dinas Hari Jumat

  • Pria: Bebas Rapi
  • Wanita menyesuaikan

4. Bagi pejabat Eselon I dan II, laki-laki memakai dasi hari Senin-Rabu


Para pegawai Kementerian Agama harus memakai baju putih selama 3 hari dari Senin s.d. Rabu. Kementerian lain, termasuk Kementerain Dalam Negeri dan Pemda, memakai baju putih ini hanya satu hari dalam 1 minggu. Ada yang juga yang dua hari dalam 1 minggu.

Dengan adanya seragam putih bagi PNS Kemenag ini mudah-mudahan semakin putih juga hari para PNS dan juga makin sederhana juga hidupnya serta sejahtera kehidupannya ^_^.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel