Berapa Gaji Pegawai Alumni PKN STAN?

Gaji Alumni PKN STAN - Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) telah resmi berubah menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN). Tiap tahunnya banyak yang mendaftar pada perguruan tinggi ini. Dulu pada masa saya, tahun 2006, jumlah pendaftar sekitar 120.000 orang dan yang diterima sekitar 2.300 orang.

Kenapa banyak lulusan SMA sederajat yang mendaftar PKN STAN? Salah satunya mungkin mempertimbangkan Gaji Pegawai Alumni PKN STAN.

Gaji para pegawai alumni PKN STAN tentu saja berbeda-beda, tergantung di instansi mana dia ditempatkan. Selama ini ada 3 instansi yang paling banyak menggunakan jasa para alumni PKN STAN. Ketiga Instansi tersebut yaitu Kementerian Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).
Komponen Gaji PNS per Bulan silakan cek di Gaji PNS Per Bulan.
Bagi alumni PKN STAN yang ditempatkan di Kementerian Keuangan, mereka masih akan ditempatkan di berbagai eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan yang masing-masing eselon I tersebut memberikan penghasilan kepada pegawainya dengan jumlah yang berbeda.

Namun, Jika diurutkan, menurut pengamatan saya, berikut ini susunan gaji alumni PKN STAN dari yang paling tinggi ke yang paling rendah:
  1. Gaji Alumni PKN STAN yang bekerja di Ditjen Pajak Kementerian Keuangan.
  2. Gaji Alumni PKN STAN yang bekerja di Badan Pemeriksa Keuangan.
  3. Gaji Alumni PKN STAN yang bekerja di Ditjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan.
  4. Gaji Alumni PKN STAN yang bekerja di Kementerian Keuangan selain DJP dan DJBC
  5. Gaji Alumni PKN STAN yang bekerja di BPKP

Gaji Alumni PKN STAN yang bekerja di Ditjen Pajak Kementerian Keuangan.

Tidak dapat dipungkiri lagi, alumni PKN STAN yang bekerja di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) merupakan alumni PKN STAN dengan penghasilan tertinggi. Yang membedakan dengan yang lainnya tentu saja adalah besaran tunjangan kinerja, Insentif Pajak, dan tambahan penghasilan lain yang diterima oleh para pegawai DJP.

Gaji pokok semua pegawai, di manapun dia ditempatkan, tentunya sama saja besarnya sesuai dengan pangkat, golongan, dan masa kerjanya.

Yang membedakan adalah tunjangan-tunjangan yang diterimanya. Untuk pegawai pajak sendiri, alumni STAN yang baru lulus saja sudah mendapatkan tunjangan kinerja sebesar 7 jutaan. Belum ditambah dengan tambahan penghasilan lainnya.

Bahkan untuk level pejabat eselon IV tunjangan kinerja sudah di atas 20 jutaan. Makin tinggi jabatan makin tinggi tunjangan kinerja.

Besarnya tunjangan kinerja pegawai pajak dapat anda baca di Perpres 37 Tahun 2015.

Gaji Alumni PKN STAN yang bekerja di Badan Pemeriksa Keuangan

Gaji Alumni PKN STAN yang bekerja di BPK merupakan yang terbesar ke dua jika dibandingkan dengan yang lainnya. Lihat saja tunjangan kinerja BPK yang besarannya sangat lumayan. Berikut ini tunjangan kinerja pegawai BPK:
tunjangan kinerja BPK
Bagi pemeriksa di BPK pada saat melakukan tugas pemeriksaan juga mereka akan mendapatkan penghasilan tambahan yang besarnya lumayan.

Gaji Alumni PKN STAN yang bekerja di Ditjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan.

Untuk selanjutnya, gaji alumni STAN dengan gaji yang tinggi adalah alumni STAN yang bekerja di Bea Cukai. Tunjangan kinerja mereka sama dengan tunjangan kinerja eselon I Kementerian Keuangan yang lain tetapi banyak tambahan penghasilan yang ada di sana seperti Uang Harian Khusus Pegawai Bea Cukai, premi, insentif cukai, dan honor operasi patroli. Besaran TKT untuk pegawai Bea dan Cukai juga tergolong besar.

Gaji Alumni PKN STAN yang bekerja di Kementerian Keuangan selain DJP dan DJBC

Gaji Alumni STAN yang bekerja di Kementerian Keuangan tidak bisa dibilang kecil. Kementerian Keuangan merupakan Kementerian yang Pertama kali mendapatkan tunjangan kinerja/remunerasi sehingga sampai saat ini pun masih merupakan tunjangan kinerja yang terbesar di antara Kementerian/Lembaga yang ada.

Tabel Tunjangan Kinerja Kementerian Keuangan sebagai berikut:
tunjangan kinerja kementerian keuangan
tunjangan kinerja kementerian keuangan

Tunjangan kinerja kementerian keuangan paling kecil sebesar Rp2.575.000,-. sedangkan paling tinggi sebesar Rp46.950.000,-.

Selain menerima tunjangan kinerja pegawai di Kementerian keuangan juga menerima TKT dan tambahan penghasilan lainnya sesuai dengan lingkup eselon I nya.

Gaji Alumni PKN STAN yang bekerja di BPKP

Alumni STAN yang bekerja di BPKP memperoleh penghasilan yang paling kecil di antara yang lain. Tunjangan Kinerja BPKP adalah yang paling kecil dibandingkan dengan BPK, Kementerian Keuangan, dan DJP.

Berikut ini adalah daftar tunjangan kinerja Pegawai BPKP:
tunjangan kinerja BPKP
Rata-rata lulusan D III alumni STAN pertama kali bekerja mendapatkan grade 6. Bisa dilihat, grade 6 di BPKP mendapatkan tunjangan kinerja sebesar Rp2.850.000,-, sedangkan grade 6 di Kementerian Keuangan sebesar Rp3.611.000,-. Sedangkan grade 6 di BPK jauh lebih besar yaitu sebesar Rp5.764.000,- atau sebesar 2 kali lipat tunjangan kinerja grade 6 di BPKP.

Demikian ulasan singkat saya mengenai penghasilan yang diterima oleh para alumni STAN.

0 Response to "Berapa Gaji Pegawai Alumni PKN STAN?"

Post a Comment

Mohon masukan dan sarannya. Apabila ada yang tidak benar atau tidak sesuai dengan yang sebenarnya, mohon untuk diluruskan. Terima kasih atas kunjungannya. Like facebook saya untuk mendapatkan info-info terbaru. Terima Kasih