MENGENANG GAJI PERTAMAKU, BERAPA GAJI PERTAMAMU?

Iseng-iseng, sambil menunggu PP Kenaikan Gaji PNS/TNI/Polri 2015 keluar, yang saat ini RPPnya sedang diajukan, saya ingin menulis ini sambil mengenang gaji pertama saya saat menjadi CPNS. Gaji pertama adalah gaji yang tidak pernah bisa saya lupakan.
SK CPNS
Saya diangkat jadi CPNS pada 1 Desember 2009 silam, bersama 49 teman seangkatan saya, 25 orang dari Spesialisasi Kebendaharaan Negara dan 24 orang dari Spesialisasi Akuntansi. Lulus dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) pada September 2009, dan baru diangkat sebagai CPNS pada 1 Desember 2009. Tidak menunggu lama, dibandingkan dengan 150 orang kakak kelas saya.

Cerita 150 orang kakak kelas saya ini sangat tidak mengenakkan. Mereka lulus dari STAN sekitar September 2008, dan bersama dengan 100 orang lainnya, ditempatkan di Instansi tempat saya bekerja saat ini. Jadi, total ada 250 orang lulusan 2008 yang ditempatkan di Instansi tempat saya bekerja.

Nah, tragisnya, ternyata, akibat adanya komunikasi yang kurang bagus antara instansi saya dengan BKN, dari 250 orang tersebut, hanya 100 orang yang dapat diangkat CPNS pada tahun 2008. Akibatnya, 150 orang tidak bisa diangkat sebagai CPNS pada tahun 2008. Status mereka tetap bekerja, tapi tidak diangkat CPNS, mungkin hanya dapat uang tunggu sebesar 850 ribu per bulan (kalau tidak salah, saya kurang paham juga masalah ini ^_^).

Kakak kelas saya yang 150 orang ini nasibnya tidak jelas selama berbulan-bulan. Sudah melapor ke Inspektorat, tidak ada hasil. Dan sangat wajar, dari situ timbul perasaan diperlakukan tidak adil oleh instansi. Rasa iri tentu wajar, kenapa yang 100 orang bisa diangkat, sedangkan mereka yang 150, padahal lulus bersama-sama, belum juga diangkat sebagai CPNS.

Singkat cerita, setelah menunggu kurang lebih satu tahun, pada 1 November 2009, ke 150 kakak kelas saya tadi baru diangkat sebagai CPNS, hanya selisih 1 bulan dari angkatan saya, yang diangkat CPNS pada 1 Desember 2009. Maka dari sini saya sangat bersyukur tidak sampai ditelantarkan selama 1 tahun.

Awal mula dapat kabar, bahwa saya ditempatkan di instansi tempat saya bekerja saat ini, saya sangat shock. Kabar itu saya terima pagi hari, sekitar waktu subuh. Saya terbangun dari tidur saya, mendengar suara hp tanda ada sms. Begitu saya buka, isi sms itu "Jum, kamu ditempatkan di BPKP bareng saya". Seketika itu juga langsung lemas tubuh saya.

Pada waktu itu, setelah selesai yudisium, sebenarnya kami diberikan pilihan, setelah lulus, mau bekerja di mana. Pilihannya ada 3: Kementerian Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Maka pada waktu itu kami diberikan polling oleh Sekretariat yang harus kami isi.

Pada waktu itu, tentu saja, pilihan saya sudah pasti jatuh ke Kementerian Keuangan. Saya sudah lama ingin jadi pegawai Kementerian Keuangan, di samping karena STAN itu di bawah Kementerian Keuangan. Selain itu, saat Praktik Kerja Lapangan, saya melaksanakan PKL di Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang (DJPU) Kementerian Keuangan, yang membuat saya ingin bekerja di sana.

Alasan saya memilih Kementerian Keuangan juga karena waktu itu saya tidak ingin menjadi pemeriksa, sehingga jelas saya tidak memilih BPK. Adanya kabar tentang 150 orang kakak saya, dan juga penghasilan yang paling kecil dibandingkan dengan Kemenkeu dan BPK, membuat saya tidak memilih BPKP.

Maka, hasil polling waktu itu, untuk Spesialisasi saya, Kebendaharaan Negara, mayoritas memilih Kementerian Keuangan. Waktu itu, BPK membutuhkan 25 orang (atau 24, saya lupa) dari Kebendaharaan Negara, sedangkan BPKP membutuhkan 25 orang juga. Hasil pollingnya, hanya 14 orang yang memilih BPK (padahal butuh 25/24) dan tidak ada seorang pun yang memilih BPKP. Sisanya, semua memilih Kementerian Keuangan.

Dari hasil polling itu, jadilah, oleh Sekretariat di acak, dari sekian banyak orang yang memilih Kementerian Keuangan, sebagian diambil untuk ditempatkan di BPK dan sebagian lagi ditempatkan di BPKP. Dan nasib pun berkata, nama saya, adalah salah satu diantara nama-nama 25 orang yang "dilemparkan" ke BPKP.

Awal-awal dapat kabar bahwa saya ditempatkan di BPKP memang sesuatu yang membuat saya sedih. Kecewa juga. Tidak bisa bekerja di tempat yang sudah diharapkan dari waktu kuliah. Tapi, lambat laun, perasaan itu sedikit demi sedikit terhapus juga. Meskipun sering juga berpikir, kenapa dulu gak milih BPK? Pasti sekarang sudah bekerja di BPK. Tapi pikiran itu hanya angan-angan saja. Saat ini saya sadar, masing-masing instansi ada kelebihan dan kekurangan. Dinikmati saja, dan poin pentingnya adalah bahwa dalam masalah rizki, jangan memandang ke atas, lihatlah ke bawah, maka kamu akan selalu bersyukur.

Kalau sekarang dibandingkan, di antara Kemenkeu, BPK, dan BPKP, tentu BPKP adalah yang paling kecil tunjangan kinerjanya dibandingkan dengan 2 instansi tersebut. Namun, bagi saya bukan masalah besar kecil. Toh, saya masih bisa hidup berkecukupan. Dan di tempat saya bekerja saat ini, tentu ada kelebihan yang tidak dimiliki oleh instansi lain yang patut untuk disyukuri.

Gaji pertama saya waktu itu harus menunggu 4 bulanan untuk bisa dibayarkan. Waktu itu, gaji pokok PNS golongan II c masa kerja 3 tahun sebesar Rp1.487.600,-. Karena masih CPNS, maka gaji pokok saya 80% dari gaji pokok tersebut yaitu Rp1.190.080,-. Maka pada waktu itu, total gaji yang saya terima per bulan sekitar Rp1,3jutaan yang dirapel 4 bulan. Itu adalah gaji pertama saya. Selain menerima gaji, saya juga menerima TKPKN, yang sekarang menjadi tunjangan kinerja, yang besarnya 1,3 jutaan juga, dan juga dirapel 4 bulan.
SK CPNS
Kalau ditotal, penghasilan saya di luar uang makan pada 2009 silam kurang lebih 2,6 juta per bulan. Tahun 2014 lalu, gaji pokok saya 2,1 jutaan, kira-kira gaji pokok 2015 ini berapa ya? 5juta? hehehe. Aamiin. Mari menunggu PP Kenaikan Gaji tahun 2015 ini keluar, mudah-mudahan tidak lewat lebaran ^_^.

0 Response to "MENGENANG GAJI PERTAMAKU, BERAPA GAJI PERTAMAMU?"

Post a Comment

Mohon masukan dan sarannya. Apabila ada yang tidak benar atau tidak sesuai dengan yang sebenarnya, mohon untuk diluruskan. Terima kasih atas kunjungannya. Like facebook saya untuk mendapatkan info-info terbaru. Terima Kasih